MARHABAN YA RAMADHAN

Oleh: Nabia 
(Pelajar)

IMPIANNEWS.COM

Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang Ramadhan. Tak terasa, Ramadhan akan kembali menyapa kita. Kali ini kita akan segera memasuki Bulan Ramadhan 1445 H.

Ramadhan adalah bulan istimewa. Bulan yang di dalamnya diwajibkan puasa, yang bisa mengantarkan seorang Muslim meraih derajat takwa. Ramadhan adalah bulan yang bertabur dengan pahala dan aneka keberkahan. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Itulah Lailatul Qadar. Pada malam ini pula Allah SWT menurunkan al-Quran, pedoman hidup manusia, yang menjadi sumber kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat. Singkatnya, Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah berlimpah. Karena itu selayaknya setiap Muslim bergembira sekaligus menyiapkan diri sebaik mungkin setiap kali menyambut kedatangan Ramadhan. Tamu agung yang membawa banyak sekali keutamaan. Puasa Ramadhan, sebagai perisai dan penghapus dosa, diharapkan menjadi sarana bagi umat Islam untuk mencapai takwa hakiki.  

Takwa, menurut Imam ath-Thabari, mencakup ketaatan terhadap larangan Allah dan pelaksanaan perintah-Nya. Orang bertakwa antara lain adalah orang yang mengimani hal gaib, mendirikan shalat, menginfakkan sebagian harta, mengimani al-Quran dan kitab-kitab yang Allah SWT turunkan sebelum al-Quran dan meyakini alam akhirat. Namun, takwa tidak hanya terkait dengan ibadah ritual, melainkan juga mencakup aspek moral, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya totalitas takwa mencerminkan perlunya kesadaran akan kewajiban terhadap seluruh syariah Islam, mulai dari aqidah, ibadah, muamalah, hingga aspek hukum. Dalam konteks kepemimpinan, pemimpin yang bertakwa diharapkan mampu menjaga amanah, adil, dan setia pada prinsip-prinsip Islam. Kesempurnaan puasa seorang pemimpin terletak pada kesadaran akan kebenaran, menghindari kebohongan, dan berusaha menerapkan syariah Islam secara kâffah. 

Alhasil, di bulan Ramadhan diharapkan menjadi momentum untuk mewujudkan takwa secara menyeluruh, baik di tingkat individu, keluarga, masyarakat, maupun negara.

Wallahu a'lam bishowab

Post a Comment

0 Comments