Saiful : Corona, Optimalisasi Stay at Home untuk Muhasabah Diri

IMPIANNEWS.COM 
Catatan, --- Allah menerangkan kata QARANA dalam Alquran

وَقَرْنَ فِى بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ ٱلْجَٰهِلِيَّةِ ٱلْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِينَ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِعْنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

Arab-Latin: Wa qarna fī buyụtikunna wa lā
 tabarrajna tabarrujal-jāhiliyyatil-ụlā wa aqimnaṣ-ṣalāta wa ātīnaz-zakāta wa aṭi'nallāha wa rasụlah, innamā yurīdullāhu liyuż-hiba 'angkumur-rijsa ahlal-baiti wa yuṭahhirakum taṭ-hīrā (QS.Al Ahzab :33)

Terjemah Arti: Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.

Tafsir Quran Surat Al-Ahzab Ayat 33  Menetaplah di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian keluar darinya kecuali karena ada keperluan, dan janganlah kalian tampakkan keindahan kalian sebagaimana yang menjadi kebiasaan para wanita sebelum datangnya Islam, yang menampakkannya untuk menggoda kaum lelaki. Dirikanlah salat dengan sempurna dan tunaikan zakat harta kalian serta taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah berkehendak untuk menghilangkan kotoran dan dosa dari diri kalian wahai para istri Nabi dan Ahlibaitnya, dan Allah berkehendak untuk membersihkan jiwa kalian dengan cara menghiasinya dengan berbagai akhlak yang utama dan membersihkannya dari kotoran-kotoran jiwa dengan sebersih-bersihnya, tidak tersisa setelah itu satu kotoran pun.

Pesannya sangat jelas bahwa lafadz Qarana mengandung arti perintah untuk tinggal. Tinggalnya dimana? Dirumah-rumahmu, di keluargamu, karena kata Nabi rumahku adalah sorgaku. Rumah kalian adalah sorga bagi kalian semua. Ciptakan sorga di keluarga masing-masing. 

Menggiring kembalinya kesadaran bahwa yang paling hakiki dalam kehidupan adalah keluarga. Selamatkan keluarga dahulu, patuhi anjuran pemerintah untuk tidak berpergian keluar daerah atau ketempat keramaian.

Sehingga Nabi sendiri memberi parameter kebaikan manusia diukur dari kebaikannya kepada keluarganya

خَيْركُمْ خَيْركُمْ لِأهْلِهِ وَاَنَا خَيْركُمْ لِأهْلِى

"Sebaik-baiknya kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya.

Dapat kita mentadabburi bahwa Corona yang diturunkan ini sejatinya adalah untuk membersihkan manusia dari dosa, membersihkan sebersih-bersihnya dari segala hal yang sifatnya kamuflase, menuju kesejatian hidup.Dan mempunyai kesempatan untuk membersihkan rumah bersama keluarga.

Tak kalah penting, perbanyak membaca Al Qur'an selama di rumah , karena ayat selanjutnya yang artinya  berbunyi" Dan ingatlah ayat-ayat Allah dan hikmat (Sunnah Nabi) yang dibacakan di rumah mu. Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui' (QS:33 ayat 34)

Untuk itu, Melihat kondisi penyebaran coronavirus dan potensinya di Kab. Limapuluh Kota yang merupakan pintu masuk sebelah timur Sumatera Barat dari Provinsi Riau, Maka IPHI Kab. Limapuluh Kota menghimbau kita semua untuk menjaga diri dan lebih banyak di Rumah (stay at home). Jika akan berpergian hanya untuk hal-hal yang penting saja. 

Hal ini dibarengi dengan antisipasi diri dengan;

  1. Memakai Masker bila berpergian
  2. Mencuci tangan
  3. Siap sedia hand sanitizer
  4. Konsumsi makanan bergizi ,vit C dan VIT E
  5. Jaga kebersihan lingkungan rumah dan tempat kerja.
  6. Bawa alat makan sendiri
  7. Tidak melakukan kontak fisik
  8. Social distancing
  9. Sampai dirumah sebelum mengambil anak bersihkan tangan dan pakaian terlebih dahulu diganti dan di tarok dikamar mandi.
  10. Jika ada anak, sanak saudara yang baru pulang dari rantau agar segera di dorong untuk melaporkan diri ke Puskesmas terdekat.
  11. Kurangi dulu berkumpul di Lapau Lapau dan jaga jarak.
  12. Mari kita patuhi anjuran Pemerintah dan fatwa MUI
  13. Dan lain-lain yang berpotensi dari terjangkitnya coronavirus. 


Sebagai seorang muslim takdir kematian kita sudah digariskan oleh Allah SWT, namun tindakan kehati2an terhadap wabah ini mesti kita cegah.

Mari kita berdoa dihari yang mulia ini

اللهم ادفع عنا البلاء و الوباء والفحشاء في تانة داتر و في آفاق العالم
Yaa Allah jauhkan kami dari bala, wabah,  maksiat di Kab. Lima Puluh Kota dan di seluruh penjuru negeri dan berilah perlindungan buat tenaga medis dan keluarganya untuk melawan virus Corona ini.(014)

Post a Comment

0 Comments