Pemkab Lima Puluh Kota Canangkan GERMAS

IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota Tengah gencar mensosialisasikan Gerakan Masyarakat (GERMAS) Hidup Sehat.

Hari ini Sabtu ( 28/09/2019) kegiatan germas dilaksanakan dalam berbagai rangkaian acara. Lokasi objek wisata Sarasah Bunta lembah Harau di Nagari Tarantang Kecamatan Harau menjadi salah satu tempat yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan pencanangan germas tahun ini di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pencanangan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat ini dibuka langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, sehingga terasa lebih meriah dan berbeda.

Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat bagi semua orang agar terwujud peningkatan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Saat ini Indonesia dihadapkan pada perubahan pola penyakit berbahaya ke arah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, diabetes, dan hipertensi. penyakit-penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat.

"Contohnya di Sumatera Barat, pertumbuhan angka perokok sangatlah tinggi dan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi buah serta bergerak aktif juga belum terlihat" tutur Desra Elena, SKM, MKM dari Dinas Kesehatan Sumatera Barat.

Selain itu, angka penderita penyakit jantung di Sumatera Barat juga diatas rata-rata nasional. Oleh karena itu, perlu peningkatan kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sesuai yang diamanatkan pada Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat (GERMAS) Hidup Sehat.

"Maksud keberadaan kami disini sekaligus mensosialisasikan bagaimana cara hidup sehat, agar masyarakat terhindar dari penyakit berbahaya" ungkap Desra Elena.

Germas Hidup  Sehat ini bisa dilaksanakan dalam bentuk aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, mengkonsumsi buah dan sayur, berolahraga teratur, pengecekan kesehatan minimal enam bulan sekali, tidak merokok, dan menggunakan jamban sehat.

"Dengan adanya sosialisasi Germas Hidup Sehat ini diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat dan menjadi budaya pola hidup baru bagi masyarakat untuk mengutamakan pola hidup sehat sehari-hari" tambah Desra Elena.

Dikesempatan yang sama, dalam sambutan Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP menghimbau masyarakat untuk memulai hidup sehat dan membiaskan diri untuk berfikiran positif.

"InsyaAllah dengan berfikiran positif bisa menjauhkan diri dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan hipertensi" jelas Irfendi

Bupati juga mengajak masyarakat Lima Puluh Kota untuk mengkonsumsi makanan buah dan sayuran sehat dari hasil bumi Kabupaten Lima Puluh Kota tercinta.

Kemudian pencegahan terhadap zat-zat berbahaya dalam jajanan sekolah juga perlu terus diawasi oleh pihak-pihak terkait agar kesehatan anak-anak sekolah tetap terjaga.

"Pencegahan penyakit harus dimulai dari anak usia emas dengan memperhatikan label makanan yang sudah steril” Tutup Irfendi.

Selain pencanangan germas hidup sehat, juga dilaksanakan peresmian perkemahan jambore Saka Bakhti Husada tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota 2019, penandatangan komitmen bersama dan pemberian plakat kepada Kepala OPD dan pemangku kepentingan dan perbankan, penyerahan bantuan pangan untuk balita kurang gizi, penyerahan bantuan bibit sayuran dan buah,  penyerahan bantuan permakanan bagi lansia, penyerahan bantuan rumah tidak layak huni, penyerahan edukasi posyandu, serta gerakan makan buah bersama dan launching minuman prebiotik sari jeruk siam koto tinggi (Jesigo).

Turut hadir dalam acara Germas Hidup Sehat Forkopimda Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lima Puluh Kota ibu Monalisa Irfendi Arbi, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, pimpinan BPJS kesehatan dan Bank Nagari serta para pelajar se-Kabupaten Lima Puluh Kota.(

Post a Comment

0 Comments