Pentas PAIS Ditutup, Fasilitasi Tiga Momen

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) IX Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 yang dilaksanakan di UPT Arama Haji Tabing Padang berakhir.

Laporan Ketua Panitia, Plt. Kabid Pakis, H. Armadi kepada Plh. Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan dan seluruh hadirin pada acara penutupan, Senin (16/9), kegiatan telah terlaksana dengan sukses dan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

“Kanwil Kemenag Sumbar melalui Panitia telah menyiapkan tropi, piagam dan bingkisan bagi juara 1, 2 dan 3 masing-masing cabang yang diperlombakan.

Khusus untuk Juara 1 dari masing-masing cabang lomba, otomatis mewakili Sumatera Barat berlaga ke tingkat Nasional di Makasar nantinya,” jelas H. Armadi.

“Mengenai Juara umum dari kegiatan ini, Plt. Kabid mengatakan daerah yang mengumpulkan point terbanyaklah yang berhak menyandang status tersebut. Point dikumpulkan dari masing-masing tingkatan yaitu Juara 1 nilainya 5 point, Juara 2 nilainya 3 point dan Juara 3 nilainya 1 point,” tambahnya.

Acara penutupan diisi dan disemarakkan dengan berbagai penampilan dari perwakilan peserta yang ada. Diantaranya, pembacaan ayat suci Alquran oleh kontingen Kab. Padang Pariman, M. Jalifian Putra. Terlihat juga penampilan pidato oleh Tri Dea Ananda dari Kab. Pesisir Selatan.

Di sela-sela arahannya, H. Irwan menyampaikan salam dari Kakanwil, H. Hendri yang sedang bertolak ke Manado dalam rangka mendampingi kontingen Sumatera Barat pada ajang KSM Tingkat Nasional.

 “Selain itu, besok juga akan meluncur rombongan Lomba Karya Tulis Ilmiah LKTI dan MBK ke Jakarta dalam rangka mengikuti perlombaan LKTI dan MBK di tingkat Naisonal,” terangnya.

“Kekuatan doa adalah kekuatan yang sangat luar biasa. Team yang berangkat ke masing-masing cabang lomba tingkat Nasional melaksanakan perjuangan secara fisik, maka kita yang berada di Sumbar bisa memberikan support dengan berdoa sehingga peserta kita bisa meraih kemenangan dan mengharumkan nama Sumatera Barat.

 Mari kita doakan mudah-mudahan rombongan selamat sampai tujuan dan memperoleh hasil yang maksimal dengan sama-sama membacakan Ummul Alquran, Al-fatiha,” himbau Kabag TU ini.

Menurut H. Irwan, Pentas PAI memfasilitasi tiga momen yaitu momen silaturrahim yang mana menyatukan seluruh peserta mulai dari tingkat satuan pendidikan SD hingga SMA, mulai dari Dharmasraya hingga Limapuluh Kota sehingga saling kenal-mengenal, saling bertukar informasi, bertukar fikiran untuk mewujudkan generasi yang lebih handal dimasa mendatang.

Momen kedua yaitu meningkatkan minat dan bakat terutama untuk pendidikan agama islam. Plh. Kakanwil juga menyampaikan salutasinya kepada para peserta yang menyuguhkan penampilan minat bakat yang memukau dan membanggakan. Mulai dari pembacaan ayat suci Alquran hingga pidato yang penuh motivasi dan sarat makna kehidupan.

Momen ketiga, kita sedang dan telah menyiapkan generasi muda yang berkarakter. Ini adalah cita-cita bangsa yang juga didengungkan pemerintah lewat moto “revolusi mental” dalam wujud kemapanan peserta didik dalam ilmu pengetahuan dan nilai keagamaan.

H. Irwan meyakini hari ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu peserta dan official serta hadirin yang ada setelah melaksanakan perlombaan sejak Sabtu lalu yaitu pengumuman para pemuncak dari masing-masing cabang lomba serta juara umum dari kegiatan tersebut.

“Para pemuncak yang lahir pada hari ini juga akan kita persiapkan lebih baik lagi untuk tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu Pentas PAI IX Tingkat Nasional di Makasar,” ulasnya.

“Disetiap perlombaan akan ada menang dan akan ada yang belum beruntung. Tidak ada sesungguhnya yang gagal. Karena sesungguhnya, peserta yang hadir saat ini adalah peserta terbaik dari seluruh Kab/Kota. Kepada yang mendapatkan peringkat terbaik, jangan terlalu berbangga tapi persiapkan diri, matangkan diri untuk event yang lebih besar yang akan dilaksanakan nanti di Makasar,” beber mantan Kasubbag.

Tak lupa, Kabag TU apresiasi kerja cerpat Bidang Pakis dan Panitia yang terlibat atas terselenggaranya event ini dengan baik dan lancar. Terimakasih juga disampaikan kepada para Dewan Juri yang telah bekerja maksimal dalam penjurian. Tak lupa terimakasih disampaikan kepada seluruh official dan hadirin.

Acara penutupan sampai pada acara yang ditunggu-tunggu seluruh hadirin yaitu pengumuman pemenang lomba oleh Kasi PAI Menengah Kanwil Kemenag Sumbar, H. Kasmir. Rekapitulasi perolehan Juara yang disampaikan H. Kasmir dimulai dari peringkat X yang diperoleh Kab. Tanah Datar. Peringkat IX diperoleh Kota Pariaman. Peringkat VIII diperoleh Kota Padangpanjang. Peringkat VII diperoleh Kab. Dharmasraya. Peringkat VI diperoleh Kab. Solok Selatan.

Adapun peringkat V, total nilai 13, diperoleh Kab. Limapuluh Kota dengan rincian 2 cabang lomba Juara 1 dan 1 cabang lomba Juara 2. Peringkat IV diperoleh Kab. Padang Pariaman, total nilai 17 dengan rincian 1 cabang lomba Juara 1, 3 cabang lomba Juara 2 dan 3 cabang lomba Juara 3. Peringkat III diperoleh Kota Payakumbuh dengan rincian 4 cabang lomba Juara 1 dan 1 cabang lomba Juara III, total nilai 21. Peringkat II diperoleh Kab. Pesisir Selatan dengan total nilai 22 yaitu 3 cabang lomba Juara 1, 2 cabang lomba Juara 2 dan 1 cabang lomba Juara 3.
Sementara itu, untuk Peringkat I atau Juara Umum dari seluruh perlombaan di Pentas PAI IX kali ini diraih para kontingen dari Kota Padang dengan rincian 6 cabang lomba Juara 1, 1 cabang lomba Juara 2 dan 4 cabang lomba Juara 3. Sedangkan total nilai yang diraih 37.

Selamat kepada para pemenang. Semoga lebih sukses lagi ditingkat Nasional mendatang. Vn/suf78

Post a Comment

0 Comments