Payakumbuh Dikunjungi Pecinta Diaspora Amerika hingga Kemenko Perekonomian RI

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Pemko Payakumbuh semakin yakin dengan ikon Kota Randang dannakanntetap berupaya bagaimaba ikon ini bukan sekedar tulidan brlaka. Mulai dari persiapan secara internal melalui dinas tetkait, pemko Payakumbuh semakin gencar melakukan pengiklanan dan promosi ikm rendang dan hasil karya kerajinan lainnya. Tenun balai panjang salah satu produk andalan kota randang yang juga telah melanglang buana.

Berkat kegigihan Walikota Payakumbuh dengan jajaran beserta Dekranasda, berbagai kunjungan domestik dan tamuancanegara mulai berdatangan ke kota Payakumbuh.

Sebagaimana terlihat pada Sabtu (28/09/2019) siang, Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Kadis Perinnaker Wal Asri didampingi Kabid Humas Irwandi telah menerima tamu dari Diaspora Indonesia di New York, USA yang juga merupakan Alumnus ITB, ibu Ira Damayanti didampingi Ibu Lilis Setawati serta Tengku Irham. 

"Mereka aktif dalam organisasi Indonesian Diaspora Network yang bergerak dalam pemberdayaan dan pengembangan ekspor UKM-IKM Indonesia. Ibu Ira sendiri menjabat sebagai Ketua Umum Indonesian Diaspora Network. Kepada mereka kami beserta Kadis Tenaga Kerja dan Perindustian menyampaikan berbagai potensi UKM-IKM yang dimiliki Kota Payakumbuh, seperti Sentra IKM Randang Padang Kaduduak, Tenun Balai Panjang, Industri kerajinan tangan seperti rajutan serta produk olahan coklat, dll,"sebut Ruza Falepi.

"Semoga dengan kehadiran beliau mampu membuka ruang dan peluang pasar bagi produk industri kerajinan dan produk industri kreatif yang banyak terdapat di Payakumbuh,"terang Riza Falepi.

Kunjungan Kemenko Perekonomian
Dihari yang sama, Walikota Payakumbuh Riza Falepi juga mendapat kunjungan dari Koordinator Teknis Aggregator dan Konsolidasi Produk Ekspor untuk Industri dan Industri kecil Menengah (IKM) Kemenko bidang Perekonomian RI Indira Damayanti serta Direktur Karya Nusa Pertiwi Logistic Lilis Setiawati. Kedatangan mereka ini bertujuan untuk melihat keseriusan Pemko dalam mengembangkan IKM yang tumbuh subur di Kota Randang ini. Didampingi Walikota Riza Falepi serta Kadis Tenaga Kerja dan Industri, Wal Asri, mereka mengunjungi Sentra IKM Rendang serta Sentra Tenun Balai Paanjang, Sabtu (28/9/2019)

Dikatakan Indira, IKM di Kota Payakumbuh tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Namun, untuk keperluan ekspor, banyak faktor-faktor dan hal teknis lainnya yang harus dipenuhi oleh para IKM apabila produknya ingin menembus pasar internasional. "Pasar dunia sangat concern dengan mutu dan kualitas produk. Untuk itu, Pemko Payakumbuh diharapkan mampu untuk bersama-sama pelaku IKM memenuhi kualitas dan standar internasional tersebut. Dan kami melihat, Pemko Payakumbuh sedang melangkah ke arah tersebut," sebut Indira lagi.

Menjawab pernyataan tersebut, Wako Riza menyampaikan, Pemko Payakumbuh akan terus memberikan dukungan pada pelaku IKM yang ada di Kota Randang ini. 

"Kita akan berusaha memenuhi permintaan kualitas produk yang di inginkan oleh pasar dunia. Secara bertahap produk-produk IKM kita sedang dalam proses peningkatan mutu. Salah satunya dengan mendirikan Sentra IKM Rendang ini. Dimana pengolahan produk dari bahan baku menjadi produk jadi mempunyai standar yang memenuhi persyaratan standarisasi internasional," kata Wako Riza.

Kedepannya, sambung Wako, Pemko melalui OPD terkait akan terus menggandeng para pelaku IKM untuk bersama-sama meningkatkan kualitas dan mutu produk. "Semoga produk-produk IKM Kota Payakumbuh bisa menembus dan bersaing di pasar internasional" tutup Wako.(ul)

Post a Comment

0 Comments