Mahasiswa Luak Limopuluah Akan Gelar Aksi ke Gedung DPRD Kota Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Diperkirakan pukul 10.00 WIB, Kamis (26/09/2019) Ratusan mahasiswa di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) bakal menggelar aksi demo di Gedung DPRD Kota Payakumbuh Kawasan Koto Nan IV Kecamatan Payakumbuh Barat. Setelah sebelumnya, sejumlah mahasiswa asal Luak Limopuluah juga telah bertolak ke Padang dan bergabung dengan berbagai aliansi mahasiswa di Padang.
Hal tersebut diungkapkan Ali Hamdi Siregar (22) Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas  Peternakan Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, Rabu sore 25 September 2019. Menurut Ali, sekitar 600 mahasiswa dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota akan menggelar aksi di Kantor DPRD Payakumbuh untuk menyampaikan sejumlah hal.
“ Iya, besok memang kami (Mahasiswa) di Luak Lima Puluah akan turun ke jalan untuk menyuarakan berbagai hal. Aksi tersebut kami rencanakan akan digelar sekitar jam 10 pagi.” Ujarnya.
Ali juga menambahkan, beberapa hari sebelumnya ia bersama sejumlah mahasiswa di Payakumbuh juga ikut ke Padang dalam aksi demonstrasi penolakan terhadap Rancangan Undang Undang (RUU) Pertanian. Diantara RUU yang sampai saat ini dinilai bermasalah oleh berbagai kalangan adalah RUU Pertanahan, RUU Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan (SBPB), RUU Perkoperasian dan RUU Karantina.
“Kami ingin menyuarakan aspirasi mereka (petani) serta keluh kesahnya, serta RUU lainnya yang dinilai tidak pro rakyat.”ujarnya.
Dia juga menyoroti kondisi sulit yang saat ini tengah dialami para peternak akibat rendahnya harga daging ayam dan telur yang cukup merugikan bagi peternak.
Sementara Kapolres Payakumbuh, AKBP. Doni Setiawan melalui Kasat Intelkam didampingi KBO Satintelkam, Iptu. Arijas membenarkan bahwa besok memang akan ada aksi yang dilakukan mahasiswa di DPRD Payakumbuh, untuk aksi tersebut memang mahasiswa telah mengirim pemberitahuan kepada Polisi.
“ Iya, untuk aksi besok memang telah ada pemberitahuan yang disampaikan mahasiswa kepada pihak Kepolisian. Dalam surat tersebut tertulis koordinator lapangan Ahmad Rozali. Dalam surat pemberitahuan yang ditujukan kepada kita tertulis rencana aksi tersebut terkait tuntuan penyelesaian Kabut Asap, Revisi UU KPK dan lainnya. “ sebutnya.(rel/ul)

Post a Comment

0 Comments