Kukuhkan Pengurus Kecamatan, BKMT Kota Payakumbuh Gelar Tabligh Akbar

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Penghujung Muharram 1441 H, Ketua Badan Kontak Majlis Taklim Kota Payakumbuh Hj Henny Yusnita Riza Falepi dan pengurus menggelar tabligh akbar yang dipusatkan di Mesjid Baiturahim Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate.

Ketua MUI Kabupaten Lima Puluh Kota H Safrijon didaulat BKMT sebagai pemberi tausiyah tabligh akbar kesempatan ini, Ahad (29/09/2019) pagi. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan wahyu ilahi dan dilanjutkan dengan Mars BKMT.

Tabligh akbar ini yang dihadiri ratusan jemaah ini selanjutnya dirangkai dengan pengukuhan ketua dan pengurus BKMT di 5 kecamatan. Tampak dihadiri Walikota Payakumbuh diwakili Kadis Perinnaker, Wal Asri, Kabag Kesra Ul Fakhri, Kepala Kankemenag bersama kepala KUA, Camat dari 5 kecamatan, Ketua BKMT Provinsi Sumatera Barat, Abdul Aziz serta pimpinan OPD terkait.

Kesempatan itu, Kepala Kankemenag yang diwakili Kasi Bimas Endra Rinaldi menyampaikan harapan kepada pengurus BKMT, Bagaimana keberadaan BKMT bisa berdampak pada umat.

"Di Payakumbuh terdata 86 mesjid dan 114 mushalla. Bangunan tersebut adalah tempat dimana kita lakukan kegiatan keagamaan dan taklim. Diharapkan kegiatan ini bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat, nantinya. Mampu memberikan pencerahan keagamaan kepada umat. Pemko dan Kemenag giatkan program shubuh berjemaah, magrib mengaji. Diharap BKMT ikut mendorong dan mendukung dan memotivasi jemaah. Terkait magrib mengaji, mari kita mengaji al quran untuk imarahkan mesjid. Kegiatan remaja masjid di malam Minggu. Ini adalah langkah mendorong mereka giat di mesjid daripada keluyuran di malam Minggu. Sehingga mesjid bisa menjadi pusat kegiatan keagamaan islam. Mari kita dukung program pemerintah sesuai porsi kita masing - masing.

Sedangkan Ketua BKMT provinsi Sumatera Barat Abdul Aziz yang kesempatan itu hadir bersama Bendahara dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BKMT Kota Payakumbuh.

"Telah 38 tahun bkmt lahir di Indonesia, jemaah masih ramai. Semoga kedepan kita bisa memakai pakaian seragam sehingga rapi dan indah dilihat. Bkmt baru ada di 17 kota / kabupaten di Sumbar," terang Ketua BKMT yang dilantik tahun 2014 dan juga dipercayai sebagai ketua wilayah BKMT Sumatera.

Dikatakan Abdul Aziz, bahwa selama 18 hari dirinya akan berkeliling di Sumatera dimulai tanggal 6 Oktober BKMT di Lubuak Sikapiang, 7 Oktober Dharmasraya, 8 Oktober di Jambi dan berlanjut ke Lampung dan ke Jakarta. Sehingga Ketua BKMT nasional menjadikan bkmt terbaik di Indonesia. Jangan hanya puas dengan pujian itu. Jadilah penolong islam, jadilah pesuruh Allah. Saat ini 82 juta lebih jemaah bkmt, dengan adanya jaringan hingga ke daerah, peluang kita sangat besar hingga Malaysia dan Singapura. Kepada pengurus baru, lahirkan inovasi yang terbaik untuk umat. Terbaik harus berdampak, ada yang istimewa yang akan dicontoh provinsi lain. Bkmt permata terkecil di Jorong atau RT. Tumbuh kembangkan 10 bidang yang ada di BKMT.

Walikota Payakumbuh yang kesempatan itu diwakili Wal Asri Dt Paduko nan Sati Kepala Dinas Perinnaker dalam sambutan menyampaiakan salam maaf dari Walikota Payakumbuh yang sedang mendampingi Gubernur membuka Liga Bulkiyo. Dirinya juga menyampaikan salam duka atas tragedi Wamena.

"Modal utama menghadap Allah adalah iman dan taqwa, kita berharap bkmt ikut memberikan dampak keberadaannnya. Bersama kita membina generasi muda dan masyarakat. Banyak masalah, diantaranya narkoba, pornografi, masalah pemberdayaan ekonomi umat dan masalah lain. Diharapkan dimasa mendatang, krgiatan keagaman bisa kita hadirkan bersama. Semoga kedepan seluruh pimpinan opd terlibat dalam BKMT,"pesan Walikota.

Sementara ustadz Safrijon dalam tausiyah menyebutkan bahwa Allah telah menyatukan iman kita, secara lahiriyah dan bathiniyah. Salah satunya melalui Tarbiyatul majlis persatuan dan kesatuan dalam hati.

"Jika kalian menolong agama Allah, Allah akan tolong kalian. Takkan ada yang mengalahkan kita. Yang kita butuhkan di negeri kita saat ini adalah pertolongan Allah SWT. Bangunlah organisasi tapi bukan untuk buat dan mengajukan proposal. Tapi bangun organisasi dengan saku sendiri. Karena nabi membangun umat dari sakunya bersama umat ditengah permasalahan keras dari kaum kafir. Untuk kita ketahui, bahwa iblis nyata itu lebih banyak dibanding pemimpin orang baik dan jujur. Untuk itulah sebabnya beban BKMT semakin hari semakin berat. Kafir itu adalah orang kemudian dan berada diluar ranah islam dan perbuatannya selalu menentang kebenaran dan membuat makar dengan berbagai dalih,"sebagian tausiyah Safrijon yang sempat dikutip.

Akhirnya, Safrijon menghimbau. Kalau mau jadi pemenang perkuat imtaq, kuatkan silaturahim dan rela berkorban demi islam. Keluarlah dari sumber haram, keluarlah dari riba, jauhilah syirik, jauhi zina dan maksiat, kembalilah ke ekonomi syariah.

Usai pelaksanaan tabligh akbar, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan SK Pelantikan Pengurus BKMT di 5 Kecamatan yang dibacakan Sekretaris BKMT Kota Payakumbuh Hj Erilia Bonita Yos.

Sedangkan pengukuhan dilakukan oleh Ketua BKMT Hj Henny Yusnita Riza Falepi di ruang mesjid Baiturrahman disaksikan ratusan jemaah dan undangan.

Usai mengukuhkan, Henny Riza Falepi menyampaikan ucapan Selamat kepada pengurus kecamatan. 

"Selamat mengemban amanah umat. Kami harap agar pengurus di tingkat kecamatan langsung eksekusi dalam menggerakkan kelompok majlis taklim di wilayahnya. Saling bersinergilah, serta aktif mengikuti kegiatan yang sudah diagendakan. Termasuk dakwah wisata yang digelar BKMT provinsi. Kita juga akan menggelar pengajian rutin,"pesan Henny sembari menyalami.(ul)






Post a Comment

0 Comments