GERMAS, Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota On Air di Safasindo

IMPIANNEWS.COM.


Lima Puluh Kota, --- Dalam rangka memperingati Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) di Kabupaten Lima Puluh Kota, Dinas Kesehatan mengadakan berbagai sosialisasi, salah satunya melalui talkshow di radio safasindo, Kamis (26/09/19).

Germas sendiri merupakan suatu tindakan sistematis yang dilakukan secara bersama -sama dengan kemauan untuk meningkatkan kualitas hidup, agar kesehatan masyarakat terjaga dengan baik.

Drg. Yani menjelaskan bentuk germas yang dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik seperti mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Tahap awal germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin.

"Bentuk kegiatan germas yang kami sosialisasikan di Lima Puluh Kota dengan mengajak masyarakat memakan buah setiap hari dan mengutamakan buah lokal, seperti jeruk, pisang, kemudian memeriksa kesehaan mencek tekanan darah, cek gula darah, kolestrol, dan mengukur lingkar perut," ujar Yani.

Tercatat dari tahun 1990  hingga 2010 penyebab kematian adalah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kanker, dibetes, dll, jadi hal ini juga menjadi latar belakang kegiatan germas.

" Untuk itu Inti dari germas adalah merubah kebiasaan, jadi perlu keikutsertaan seluruh masyarakat untuk merubah pola hidup untuk menghindri penyakit" tutupnya.(rel/ul)

Post a Comment

0 Comments