7 Lurah Saling Bersaing Jadi Terbaik di Tingkat Kota Payakumbuh


IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Pemko Payakumbuh melalui Bagian Pemerintahan pada Selasa (10/9/2019) menggelar penilaian atau Lomba Kompetensi Lurah Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh bertempat di Aula Ngalau Indah Gedung Balai Kota. Kegiatan tersebut dibuka Wakikota Payakumbuh diwakili Asisten I Yoherman didampingi beberapa orang pejabat.

Sebelumnya, sebanyak 7 orang Lurah terbaik Payakumbuh yang telah memenuhi kriteria lomba yang dilaksanakan di 5 Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh.

Adapun ketujuh Lurah terbaik yang ikut Lomba kompetensi Lurah Berprestasi tingkat Kota Payakumbuh, yaitu Lurah Parik Rantang, Finto Handayani Putra, Lurah Tanjunggodang Sungai Pinago, Seprianis, S. Sos, mewakili Kecamatan Payakumbuh Barat. Sedangkan Lurah Balai Tongah Koto, Nurven Yunita, S. Sos, Lurah Kotokociak Kubu Tapakrajo, Zubirwan mewakili Kecamatan Payakumbuh Utara.

Dilanjutkan dengan Lurah Sawahpadang Aua Kuniang, Novri, SE, Lurah Padang Alai Bodi, Donna Tiara Ayu, SP, mewakili Kecamatan Payakumbuh Timur. Sementara Lurah Padang Sikabu, Sasra Hadi, A. Md, mewakili Kecamatan Lamposi Tigo Nagori.

Penilaian Kompetensi Lurah Berprestasi dilakukan langsung 3 pejabat penilai diantaranya Staf Ahli Syahrir, Kabag Pemerintahan Erwan dan Kabag Kesra Ul Fakhri.

Diwawancarai di selulernya usai proses penilaian Tahap I, Kabag Pemerintahan Erwan menerangkan bahwa tujuan penilaian Lurah Berkompetensi ini adalah untuk melihat sejauh mana Lurah mampu membangun daerah yang dipimpinnya.

"Ada 3 tahapan penilaian lurah berkompetensi tahun 2019, hari ini baru tahap I yang diikuti oleh 7 lurah. Penilaian Tahap ini baru sebatas espose kegiatan lurah. Setidaknya ada 4 poin penting dalam penilaian ini, yaitu inovasi bidang pemerintahan, bidang pelaksanaan pembangunan dan bidang pembinaan / pemberdayaan  kemasyarakatan, "beber Erwan.

"Dari tujuh yang masuk nominasi, dari hasil esposenya akan mengerucut menjadi 5 nominator. Penilaian tahap II berupa turun ke lapangan guna memeriksa dan ferivikasi berkas. Nantinya akan tinggal 3 Lurah yang akan berpacu di Tahap III. Tahapan ini kita tetap akan turun ke lapangan serta wawancarai warga,"tambah Erwan.

Ditambahkan Erwan lagi, tahun 2019 ini juga dilangsungkan penilaian LPM Berprestasi. Setelah sebelumnya hasil penilaian LPM Berprestasi tahun 2018 dimenangkan LPM Kelurahan Sei Pinago Tanjung Gadang. Kita kirimkan sebagai wakil Payakumbuh di tingkat provinsi. Dan belum lama ini TP LPM Sumbar juga telah meninjau dan menilai LPM kita itu. Tapi Lomba Kompetensi Lurah 2019 ini baru sebatas tingkat Kota Payakumbuh.

Sementara Ul Fakhri, salah seorang penilai kepada media menyampaikan rasa syukurnya telah dipercayai Walikota Payakumbuh sebagai salah seorang anggota dewan penilai.

"Alhamdulillah, hari ini kami diamanahi sebagai salah satu tim penilai bidang Pembinaan kemasyarakatan. Kita mencermati inovasi yang telah dilakukan oleh Bapak / ibu lurah terbaik dari masing-masing kecamatan di Kota Payakumbuh, khususnya di bidang kemasyarakatan,"sebut Ul Fakhri.

"Disamping bisa bersilaturahmi dengan teman-teman dari Kecamatan dan Kelurahan, kegiatan ini mengingatkan kami kembali pada masa dulu. Ketika kami masih di Kecamatan dan di Kelurahan yang begitu banyak kenangannya,"imbuhnya.

Semoga kegiatan ini semakin memotivasi Bapak/ibu Lurah untuk terus melahirkan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Post a Comment

0 Comments