Rangkul OJK, Pemkab Limapuluh Kota Siapkan 10 Ha Lahan Untuk Ditanami Jagung


IMPIANNEWS.COM
Kabupaten Limapuluah Kota, --- Pemkab Limapuluh Kota tengah menyiapkan 10.000 Ha lahan tanaman jagung. 

Bupati Kab. Limapuluah Kota, Irfendi Arbi mengungkapkan hal itu, terkait dengan program pemerintah membangun kedaulatan pangan.

Meski, pemerintah menyiapkan dana percepatan pembangunan pertanian Rp 4 triliun secara nasional,namun lahan yang baru bisa diberdayakan hanya 3.000 ha, dari lahan seluas itu ujar Bupati, 235 ha diantaranya sudah bisa dilakukan penanaman.

Untuk itu, ia minta SKPD terkait agar segera melakukan pemetaan sekaligus meng effaluasi lahan-lahan yang akan dipersiapkan dalam pekan ini, katanya dihadapan Kepala Otoritas Keuangan (OJK)
Sumbar. Kadis Pertanian Sumbar, kepala-kepala Perbankan, para kelompok tani dan walinagari Kab. Limapuluah Kota di aula pertemuan rumah dinas Bupati jalan Labuah Silang, Jumat (2/8/2019).


Hasil effaluasi itu katanya, akan kita masukan dalam anggaran tahun mendatang. Selain itu, ujar Irpendi, ia minta para walinagari yang hadir dalam kesempatan itu untuk dapat mengadakan pertemuan guna membahas kemudahan yang diberikan pemerintah terhadap petani, khusus petani jagung.

“Kalau dapat dalam rentang waktu satu dua hari mendatang kita adakan pertemuan untuk membahas kemudahan yang diberikan dunia perbankan terhadap petani jagung”, ujar Irpendi, yang disambut antusias para walinagari.

Senada dengan Bupati Kab. Limapuluah Kota. Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar Darisman menyebut, program aksi pangan membangun kedaulatan pangan nasional, khusus tanaman jagung dibiayai pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan dijamin oleh jasa ansuransi bila terjadi gagal panen.

Di Kabupaten Limapuluah Kota, kata Darisman, masih tersedia lahan sekitar 2000 ha lagi, lahan itu berada dikawasan hutan produksi yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan tanam jagung. 

“Kita akan segera urus izin pemakaian lahan seluas itu pada kementrian”, ujar Darisman. (rel/ul)