Mesra Definta : Belajar Pada Tupai dan Semut

IMPIANNEWES.COM.

Payakumbuh, --- Bertindak sebagai Pembina Upacara Bendera Senin, (05/08/2019) Plh Kepala MTsN 2 Payakumbuh Mesra Definta yang juga sebagai Waka Kurikulum dalam amanatnya menyampaikan 3 trik sukses kepada peserta upacara, khususnya peserta didik.

Kepada peserta upacara yang juga diikuti tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah yang terletak di jalan KH Ahmad dahlan Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Mesra Definta menyebut bahwa kehidupan semakin hari semakin sulit. Untuk menuju sukses dalam hidup butuh kerja keras, termasuk dalam belajar bagi peserta didik. Dirnya pun memaparkan 3 trik sukses dalam belajar.

" Dari kami, setidaknya ada 3 trik agar sukses dalam proses belajar mengajar, yakni :
1. Perbaiki perbaharui  niat
"Innama a'malu bin niyaat. Untuk menjadi sukses harus ada niat. Langkah usaha harus sesuai dan selaras dengan yang diniatkan. Kalau ananda hadir ke madrasah untuk menuntut ilmu demi masa depan, ananda harus mengiringinya dengan usaha. Hadir bukan untuk main-main, bukan untuk mengharapkan jajan, apalagi untuk mencari teman,"ungkapnya.

2. Belajarlah serius
" Hidup ini adalah perjuangan untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Semakin maju tahun semakin keras tantangan menghadang. Mari mendalami filosafi alam takambang jadi guru. Filosofi tupai dan semut. Untuk bisa makan, seekor tupai berjuang gigih. Tupai mengawalinya dengan memannjat pohon, memilih buah yang bisa dimakan, berupaya melobangi. Dalam melobangi kelapa, tupai temui tantangan serabut kelapa dan tempurung. Usai dilobangi sang tupai dapatkan air kelapa. Dan barulah ia menikmati kelapa atau buah. Adapun semut, dalam mencapai sukses mengedepankan semangat kebersamaan. Tidak ada saling tusuk dari belakang.,"papar panjang Mesra Definta.

"Dalam memajukan diri, kita tak bisa sendiri. Tapi butuh kolega dan rekan kerja. Demikian juga di kelas dan madrasah kita ini. Semua saling keterkaitan,"imbuhnya.

3. Disiplin dalam belajar
"Disiplin adalah perintah agama. Bermula dari bangun tidur hingga tidur lagi, semuanya telah diatur dalam syariat islam. Mari kita awali dengan datang tepat waktu. kalau terlambat akan mempengaruhi psikis. Di tahun ajaran ini kita akan mulai kembali kebiasaan berbaris dulu sebelum masuk kelas. Bersalaman dan berdoa, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,"tandasnya.

Penghujung pelaksanaan upacara bendera Senin pagi dirangkai dengan penyerahan piagam dan hadiah kepada peserta KSM. kegiatan ditutup dengan sosialisasi kewirausahaan yang disampaikan Pengurus Wirausaha Muda Nusantara cabang Sumatera Barat.(ul)