INI SARAN DOSEN BUDI FEBRIANDI TERHADAP WISATA ALAM KAPALO BANDA TARAM.

IMPIANNEWS.COM.


Catatan, --- Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi unggulan Nagari Taram dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karenanya, "Kapalo Banda" yang menjadi destinasi wisata andalannya selalu berbenah sehingga menjadi objek wisata yang layak dikunjungi. 

Dalam beberapa kali kunjungan ke objek ini, ada beberapa catatan yang barangkali perlu menjadi perhatian Pemerintahan Nagari Taram dan Masyarakat, yakni :

1) Air merupakan unsur utama dari destinasi wisata Kapalo Banda ini.  Oleh karenanya upaya konservasi hutan dikawasan ini haruslah menjadi prioritas utama. Lahan-lahan yang terbuka harus segera dihijaukan kembali. 

Penanaman pohon Aren dan Bambu dapat menjadi alternatif yang dikembangkan dikawasan konservasi karena tanaman ini sangat baik dalam menyimpan dan melepaskan air. Upaya konservasi ini juga bermanfaat terhadap ketersediaan air bagi lahan pertanian

2) Penataan Kawasan Kapalo Banda harus dilakukan secara terencana, terarah dan terpadu. Kawasan Kapalo Banda haruslah memiliki rencana induk pengembangan. Rencana Induk Pengembangan ini menuntun pemangku kepentingan untuk melakukan aktifitas dikawasan ini. 

Jangan sampai, pembangunan dan pemanfaatan ruang menjadi liar dan tidak terkendali. Ada baiknya Pemerintah Nagari dan BUMNAG menggunakan jasa profesional dalam menyusun Rencana Induk Pengembangan Kawasan Kapalo Banda ini. 

3) Membangun Desa Wisata; untuk lebih mengoptimalkan sektor wisata menjadi potensi untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat, menjadikan Nagari Taram sebagai Desa Wisata merupakan pilihan yang tepat.

Semoga bisa kita wujudkan bersama.