10 Guru SMPN Kota Payakumbuh Seminar Hasil PTK

IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Penelitian tidak hanya dilakukan oleh para dosen di perguruan tinggi. Di sekolah-sekolah pun para guru mesti melakukan penelitian jika ingin memperbaiki kualitas pembelajaran yang diampunya.

Dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran dan menghasilkan karya tulis ilmiah untuk kredit poin naik pangkat 10 orang guru SMP Negeri se Kota Payakumbuh sukses melakukan penelitian Tindakan Kelas alias PTK (Action Research).

Untuk menyempurnakan laporan penelitian mereka melakukan seminar secara berkolaborasi dengan menghadirkan Pemrasaran dari UNP Jefri Ardi, S.Pd dan Dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh H. Dasril, S.Pd, M.Pd Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan Aini, S.Pd  kepala sekolah senior yang telah sukses melakukan berkali-kali PTK sehingga bisa naik pangkat sampai IVC, serta Zulfariani, S.Pd Guru senior golongan IVB yang telah menulis dan menerbitkan beberapa buku karyanya.

Seminar yang berlansung dengan baik hari Sabtu, 24 Agustus 2019 di Ruang Labor IPA SMPN 6 Payakumbuh juga dihadiri oleh Kepala sekolah setempat Indra Abdi, S.Pd dan Majelis guru SMPN 6 Payakumbuh.

Diantara penelitian yang diseminarkan tersebut antara lain karya :

1. MARTALIZA, S.Pd guru SMP Negeri 4 Payakumbuh. Dengan judul  penelitian "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2018-2019."

2. Yeni Astuti, S.Pd. guru SMP Negeri 6  Payakumbuh. Dengan judul penelitian, "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Syudent Tim Achievement Division ( STAD ) di kelas 7.6 SMP Negeri 6 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2018 / 2019."

3. Fitlyda, S.Pd guru SMPN 6 Payakumbuh dengan judul penelitian, "Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Based Learning (PBL) di Kelas VII.1 SMP Negeri 6 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2018/2019."

4. Meirina,S.Pd guru SMPN 6 Payakumbuh dengan judul penelitian, "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Salam Menyanyikan Lagu dengan Tekhnik Vokal melalui Model Pembelajaran Demonstrasi di Kelas VII.1 SMPN 6 Payakumbuh Tahun Pelajara 2018/2019."

5. Yulia Peto.M.S.Pd guru SMPN 6 Payakumbuh dengan judul penelitian, "Upaya Meningkatkan Kepercayaan diri Peserta Didik Kelas VII.6 Melalui Layanan Bimbingan Kelompok SMP Negeri 6 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2018/2019."

6. Nirwanati. A, S. Pd guru SMPN 7 Payakumbuh dengan judul penelitian, "Peningkatan Aktivitas Belajar IPA dengan Pendekatan Saintifik Model Jigsaw di kelas VIII.4 SMP Negeri 7 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2018/2019."

7. Rosnengsih, S.Pd guru SMPN 6 Payakumbuh dengan judul penelitian, "Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Tari di Kelas VIII / 3  SMP Negeri 6 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2018 / 2019."

Berbagai masukan dan koreksi disampaikan oleh para pemrasaran untuk kesempurnaan laporan penelitian masing-masing peserta.

" Kami sangat berterima kasih atas inisiatif kawan-kawan guru yang telah mampu melakukan penelitian tindakan dan hari bisa diseminarkan, saya jadi termotivasi untuk juga segera melakukan Penelitian  Tindakan Sekolah ( PTS )," Kata Indra saat menyampaikan kata sambutan dalam  sesi pembukaan seminar.

Selanjutnya Dasril, S.Pd, M.Pd mengatakan, "Bila ingin laporan PTK ini bernilai maksimal dalam penghitungan angka kredit maka harus diteruskan laporan ini menjadi jurnal yang terbit dimuat di jurnal terbitan Nasional sehingga nilai angka kreditnya bertambah 3, menjadi 7 poin. Maka setelah laporan diperbaiki segeralah diedit dan dikemas jadi jurnal serta kirim kepada penerbit dan Dinas Pendidkan siap mencarikan jurnal yang terbit secara nasional",tukuk Dasril.(ul)

Post a Comment

0 Comments