Pemilihan Duta Budaya Kota Payakumbuh, Ditabuh


 Kegiatan yang digelar selama dua hari ini diikuti oleh sebanyak 30 peserta yang terdiri dari remaja di Kenagarian se Kota Payakumbuh 
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh ). 

Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh mengadakan pembekalan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dalam rangka Pemilihan Duta Budaya Minang Kota Payakumbuh 2018 di aula Hotel Bundo Kanduang, Senin (26/03/2018).

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini diikuti oleh sebanyak 30 peserta yang terdiri dari remaja di Kenagarian se Kota Payakumbuh dan utusan dari seluruh SLTA se Kota Payakumbuh.

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh Dra. Refliza Zaharman, M.Si ini juga akan menghadirkan narasumber terbaik seperti Ny. Henny Riza Falepi Ketua Dekranasda, Hj. Misnah Ketua Bundo Kanduang Kota Payakumbuh, Maharnis Zul Tokoh Agama, serta Viveri Yudi dan Saparman dari Dinas Kebudayaan Sumbar.

Cece, panggilan akrab Kadisparpora ini berharap agar duta-duta budaya yang ada di Kota Payakumbuh ini lah nantinya yang memiliki peran penting dalam mengembangkan budaya minangkabau di Kota Payakumbuh.
"Sebagai pemuda kita harus Melek Budaya jangan hanya Melek Pariwisata, lewat duta budaya lah kita bisa mengembangkan budaya kita, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Cece.

Kadispaspora juga sebagai pemateri dalam acara ini mengatakan sebagai pemuda-pemudi minangkabau sangat perlu menanamkan budaya ABS-SBK dalam kehidupan sehari-hari karena itu adalah jati diri orang minangkabau sendiri.
"Kito ko urang minang, tau jo adaik, tau jo agamo, apolai budayo kito sangat kental dan kuek ikatannyo samo agamo, jadi sebagai urang mudo kito ko pacik landasan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, kalau ndak yo hilang adaik-hilang agamo-hilang budayo kito nantinyo, jan sampai hilang," terangnya.

Salah seorang peserta dari SMA N 2 Payakumbuh Luluk Uswatun Hasanah mengatakan kegiatan ini sudah sangat dinantikannya sejak dulu.
"Saya sangat senang mengikuti acara ini, saya akan mengikutinya dengan serius, agar menjadi duta wisata, pemahaman tentang budaya minang menjadi bertambahnya usia juga," ujarnya.ul