2 Kelurahan Wakili Payakumbuh Lomba GEMARIKAN Tk. Provinsi 2018

Ketua Forikan, Henny Riza Falepi berikan arahan
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Dalam rapat kordinasi Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) yang digelar di Bakinco Resto and Swimmingpool dihadiri Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi bersama Magdalena Erwin Yunaz. Rakor yang diangkat Dinas Pertanian ini membahas persiapan pengurus Forikan Kota Payakumbuh dalam rangka menghadapi penilaian Lomba Gemar Makan Ikan dari provinsi Sumatera Barat. Terkait lomba ini, kota Payakumbuh berada pada posisi 6 besar tingkat provinsi dalam hal lomba kinerja Forikan kelurahan yang diwakili kelurahan Tanjung Pauh Kec. Payakumbuh Barat dan Implementasi Gemarikan pada Kurikulum PAUD yang diwakili PAUD Ar Ruhamma' Kelurahan Sei Durian Kec. Latina. Rakor yang diadakan pada Kamis (22/03/2018) melibatkan 45 orang pengurus forikan kecamatan, rakor ini juga dihadiri perwakilan kankemenag serta Camat dan Lurah terkait.

Sebagaimana dilaporkan Kepala Dinas Pertanian diwakili Kabid Perikanan, Betri Yetti, bahwa ada 2 kelurahan yang akan mewakiliKota payakumbuh pada Lomba Gemarikan untuk tingkat provinsi.

" Untuk menghadapi lomba tersebut, patutlah kiranya kita mengadakan persiapan dalam rangka menyambut Ibu Gubernur selaku Ketua Forikan Provinsi Sumbar yang akan melakukan peninjauan lapangan pada tanggal 4 April 2018 mendatang, khususnya di pada kelurahan Tanjung pauh dan Kelurahan Sei Durian, sebagai wakil Payakumbuh dalam lomba ini. Alhamdulillah, kedua lurah beserta camat hadir dalam rakor ini," terang Betri.

Ditambahkan, Secara berjenjang dari kelurahan kita telah mengadakan lomba gemarikan dan implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD. Selain itu kita juga akan menggelar berbagai lomba masak serba ikan pada tanggal 11 April 2018, untuk tingkat kota akan kita adakan pada tanggal 17 April 2018 yang akan dirangkai dengan lomba mewarnai ikan untuk siswa PAUD. Untuk pematangan persiapan, kita berencana akan mendatangkan pelatih masak serba ikan dari Hotel Royal Denai, karena direncanakan lomba Gemarikan tingkat provinsi akan digelar awal Mei 2018. Saat ini kita sedang menunggu juknis lomba," kunci Betri Yeti.

Peserta rakor Forikan
Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi dalam arahan menyebutkan bahwa gemar makan ikan jangan hanya saat digelar lomba, tapi bagaimana gemar makan ikan ini menjadi tradisi kebutuhan dalam rumah tangga.

" Setidaknya dalam rumah tangga sehat mesti mengkonsumsi setidaknya 2 ons ikan / kepala, itu kalau bisa dimaksimalkan. Untuk mewujudkan semua itu perlu adanya sosialisasi kepada warga, kapan perlu pihak kelurahan menyiapkan sampel. Sehingga kuantitas warga mengkonsumsi ikan semakin meningkat. Karena ikan dimasak dalam bentuk apapun akan tetap lezat dan gurih, serta mudah didapat. Kita sangat apresiasi dengan telah terimplementasinya gemar makan ikan di PAUD apalagi sudah masuk dalam kurikulumnya, salah satunya adalah tema hewan terkait ikan. Untuk bahan motivasi, alangkah baiknya kita siapkan stiker yang akan ditempel pada rumah warga yang gemar makan ikan, kapan perlu kita siapkan penghargaan untuk warga tersebut. Selain itu, kami juga imbau kepada pengurus forikan kota hingga kelurahan, sering-seringlah berkoordinasi dalam rangka sosialisasi sehingga program Gemarikan dapat berjalan optimal di Payakumbuh," Henny arahkan.

Setelah mendapatkan arahan dari Ketua Forikan Kota Payakumbuh, rapat dilanjutkan dengan pembahasan secara teknis dalam rangka penyambutan tim penilai yang akan mengunjungi 2 kelurahan sebagai wakil Payakumbuh dalam Lomba Gemar Makan Ikan tingkat provinsi. Terlihat Lurah Tanjung Pauh, Zainir dan Lurah Sei Durian Samsul Bahri mengutarakan persiapan yang telah dilakukan bersama warga setempat, dibawah koordinir Camat.ul