PM Jepang Shinzo Abe, " Sepakat Dengan AS untuk Memberi Tekanan kepada Korea Utara,"

IMPIANNEWS.COM (Tokyo). 

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setuju dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara setelah peluncuran rudal terbaru negara tersebut. Abe mengaku telah berkomunikasi dengan Trump melalui sambungan telepon.

Trump juga mengatakan, Amerika Serikat sepenuhnya akan bersama Jepang dan akan menunjukkan komitmen yang kuat untuk pertahanan Tokyo. 

Korea Utara menembakkan rudal yang terbang di atas Jepang dan mendarat di perairan di wilayah utara Hokkaido pada  Selasa pagi. Hal ini semakin meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea. Tidak seperti sebelumnya, peluncuran kali ini dianggap jauh lebih serius dan membahayakan. 

Uji coba rudal yang diluncurkan Korut dilaporkan menempuh jarak hingga 2.700 kilometer. Rudal ini juga disebut telah melewati udara di atas pulau Hokkaido. Karena itu, Pemerintah Jepang menilai ancaman yang dibuat negara terisolasi itu semakin meningkat dan harus segera diatasi. 

Dalam satu bulan terakhir, Korut telah mengklaim kemajuan teknologi rudal yang negara itu miliki. Salah satunya dinilai sebagai ancaman besar adalah rudal yang mereka sebut sebagai Hwasong-14. 

Post a Comment

0 Comments