Catatan Zulfikar, " Umar Menangis Melihat Bekas Tikar Menempel di Rusuk Rasullullah, SAW,'

Impiannews.com

Umar Bin Khattab bergegas mendatangi rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Ia ingin membuktikan bahwa desas-desus yang disebarkan orang tentang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang memiliki prabot mewah itu sama sekali tidak benar.

Ketika Umar sampai di rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sama sekali tidak dilihatnya perabot-perabot mewah yang didesas desuskan itu. Rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tetap seperti dulu, tidak ada sama sekali yang berubah.

Mengetahui Umar Bin Khattab datang, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bangun dari atas tikarnya. Seketika itu, Umar melihat bekas-bekas tikar yang kasar menempel pada tubuh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Tidak kuat menahan haru akhirnya Umar menangis.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berpaling heran lalu beliau bertanya lembut, "Ya Umar, Apa yang menyebabkan kau menangis?"

Bagaimana aku tidak akan melahirkan air mata jika aku melihat bekas-bekas tikar itu melekat pada tulang rusukmu. Hanya inilah harta kekayaanmu yang aku tahu. Sedangkan Kaisar Romawi dan Persia hidup dalam gelimangan harta benda.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam merasakan betul kesedihan Umar. Beliau lalu menghibur Umar dengan memberikan pelajaran bahwa nilai seseorang tidaklah ditentukan oleh harta kekayaan yang dimilikinya, tetapi tergantung pada kemampuannya untuk menyebarkan kebahagiaan kepadanya orang lain. Kebajikan akan membuat seseorang menjadi kekal. Orang yang terus-menerus melakukan kebaikan akan menghasilkan buah kebaikan pula untuk selama-lamanya.

Dengarlah sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam agar kita selalu bersyukur. "Apabila diantara kamu sekalian melihat orang yang dianugerahi harta dan rupa maka hendaklah ia melihat orang yang lebih rendah daripada mereka karena hal itu lebih pantas agar kamu tidak merasa kekurangan nikmat yang Allah berikan kepadamu."

Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments