Mahasiswa KKN UNAND Bantu Pelaksanaan Posyandu Balita dan PMT Ibu Hamil di Nagari Painan Timur Painan

Oleh: Laila Miftah Salim (2011222042), Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unand di Kecamatan IV Jurai Painan Timur Painan

IMPIANNEWS.COM

Kegiatan membantu pelaksanaan posyandu balita dan ibu hamil merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas. Mahasiswa KKN ini memulai pelaksanaan program kerja di Nagari Painan Timur Painan pada hari Senin, 11 Juli 2023.

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas ikut serta dalam membantu kegiatan posyandu balita dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada ibu hamil di Posyandu Kamboja I, Nagari Painan Timur Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (10/08/2023)

Kegiatan posyandu merupakan hal rutin yang dilakukan setiap bulannya untuk memantau perkembangan tumbuh kembang balita yang ada di Nagari Painan Timur. Adapun kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil yang mengalami Kurang Energi Kronis (KEK) dilakukan setiap 3 bulan sekali. Kedua kegiatan ini penting dilakukan guna memeriksa kesehatan maupun gizi anak dan ibu.

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin oleh Ibu bidan Astika Chandra Pertiwi dan bekerja sama dengan para kader di Posyandu Kamboja I. Prosedur kegiatan posyandu dimulai dari pendaftaran yang dilakukan oleh ibu dan dilanjutkan dengan pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala anak. Adapun prosedur dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil dimulai dengan pendaftaran dan dilanjutkan dengan pengukuran tekanan darah, berat badan, dan lingkar lengan. Hasil dari pengukuran tersebut dicatat ke dalam buku KIA yang dimiliki.

Dengan adanya sejumlah mahasiswa Universitas Andalas yang menjalani KKN di Nagari Painan Timur Painan diharapkan dapat membantu kegiatan yang ada dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Post a Comment

0 Comments