Irwan Basyir Datuk Rajo Alam, "New Normal" Kembali Kehidupan Baru, Ciptakan Ekonomi Kreatif.


IMPIANNEWS.COM (Padang) 

Irwan Basyir Datuk Rajo Alam sebagai salah satu seorang tokoh  masyarakat  Kota Padang memiliki pikiran cerdas, bersahaja, berbuat dan berkarya untuk masyarakat.

*New Normal" yaitu kembali kepada kehidupan yang baru setelah sekian lama di berlakukan PSBB di Kota Padang  bahkan dilaksanakan sebagian daerah di Indonesia tujuannya memutus mata rantai penyebaran virus corona yang mematikan tersebut.

Berbagai hal telah dilakukan pemerintah agar covid 19  cepat berlalu dan tidak menimbulkan rasa panik dan galau umat, sebut Irwan.

Beberapa daerah di Sumbar telah diberlakukan, "New Normal" Kota Padang belum melaksanakan disebabkan pasein covid 19 masih bertambah jumlah, semoga hari-hari selanjut tidak ada lagi tambahannya.

Sebelum di berlakukan, "New Normal" di Kota Padang, tentu jelas Pemko Padang di bawah Komando Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah', SP bersama Wawako Hendri Septa telah memikirkan yang terbaik bagi warga Kota Padang untuk menjalankan kehidupan baru selanjutnya, ujar Irwan.

Diberlakukan New Normal salah satu bertujuan untuk mengurangi beban negara yang besar dalam menanggulangi wabah covid 19, disebabkan masyarakat tak bisa memenuhi kebutuhan sendiri karena sebagian masyarakat tak bisa kerja tentu jelas tanggung jawab negara memberikan bantuan untuk hidup.

Semoga New Normal berjalan lancar dan korban dari covid 19 tak ada lagi di Kota Padang, tentu kita semua harus ikuti arahan dan petunjuk dari tim Gugus covid 19. seperti kemana saja kita pergi harus pakai masker, cuci tangan dan makan yang teratur serta istirahat secukupnya.

 Disamping Irwan Basyir  sarankan ada tujuh isu strategis yang menjadi potensi maupun tantangan yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif, di pasca New Normal kembali pada kehidupan baru antara lainnya :

1. Ketersediaan Sumber daya kreatif (orang kreatif-OK) yang profesional dan kompetitif.

2. Ketersediaan sumber daya alam yang berkualitas, beragam, dan kompetitif; serta dan sumber daya budaya yang dapat diakses secara mudah.

3. Industri yang berdaya saing, tumbuh, dan beragam.

4. Ketersediaan Pembiayaan yang sesuai, mudah diakses dan kompetitif.

5. Perluasan Pasar bagi karya kreatif.

6. Ketersediaan Infrastruktur dan Teknologi yang sesuai dan kompetitif.

7. Kelembagaan Yang Mendukung Pengembangan Ekonomi Kreatif.

tujuh isu strategis yang jitu harus kita jalankan untuk memicu semangat masyarakat dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif kedepannya.  ( Taf/dd)

Post a Comment

0 Comments