Penanganan Covids19, Pemko Payakumbuh Siap Bantu Pemkab Lima Puluh Kota

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Terkait peningkatan kasus komfirmasi covid19 di wilayah Pemkab Lima Puluh Kota, membuat pemerintah setempat semakin prihatin. Terkait luasnya wilayah kabupaten Lima Puluh Kota dengan 13 kecamatan yang mengitari Kota Payakumbuh. 

Sementara puskesmas dengan keterbatasan alat, merupakan salah satu kendala yang membuat penanganan covids19 terkesan lamban. Karena RSUD Ahmad Darwis sebagai RS kebanggaan Lima Puluh Kota terletak di kecamatan Suliki Gunuang Omeh. 

Dari itulah, untuk percepatan penanganan kasus Covids19 di daerah yang berbatas dengan provinsi Riau ini mencoba meminta bantuan kepada Pemko Payakumbuh.

Saat dikomfirmasi, Wabup Ferizal Ridwan melalui WA pribadi menjawab singkat.

"Ya, kita minta bantu ke Pemko Payakumbuh,"tulis singkat Wabup Ferizal Ridwan. 

Sebagaimana diberitakan covesia.com, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dan ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra mendadak meminta bantuan ke Pemko Payakumbuh dan Pemprov Sumbar.

"Saya dan Deni Asra (Ketua DPRD Limapuluh Kota-red) menyadari betul bagaimana lemah dan lambannya kinerja Satgas Gugus Tugas Covid-19 Limapuluh Kota. Sekarang kami berdua sepakat meminta bantuan ke Pemko Payakumbuh dan Pemprov Sumbar," sebut Ferizal Kepada Covesia.com, Senin (11/5/2020).

Dicontohkan Wabup, lambannya gerakan dan lemahnya koordinasi satgas dibuktikan dari tracking kasus 01 positif Covid-19 Limapuluh Kota di Manggilang.

Di hadapan awak media, Jubir Satgas menyebutkan telah mentracking 100 lebih warga manggilang yang kontak dengan warga kasus 01 inisial Y. Namun, disebutkan Wabup kenyataannya sampai hari ketiga, satgas baru melakukan tracking dan Swab sebanyak 13 orang.

"Dibilang sudah lakukan 100 lebih ke awak media. Tapi nyatanya di lapangan hanya 13 orang. Saya sudah kehabisan akal bagaimana harusnya bikin satgas yang sudah terbentuk ini bekerja cepat, tanggap dan profesional," kata Wabup.

Karena itu besok, Selasa (12/5/2020) satgas Covid-19 Pemko Payakumbuh akan datang ke Manggilang dan melakukan tracking dan Swab pada 250 - 350 lebih masyarakat Limapuluh Kota.

"Besok 250 lebih warga Limapuluh Kota akan di Swab oleh Pemko Payakumbuh. hal ini sudah direstui oleh Pemprov," katanya.

Terkait permintaan Pemkab Lima Puluh Kota, impiannews.com mencoba mengkomfirmasi Pemko Payakumbuh dalam hal ini Kadinkes, dr Bakhrizal. Permintaan tersebut dibenarkan Bakhrizal. 

"Ya. Untuk permohonan bantuan ini, Wabup dan Ketua DPRD Lima Puluh Kota sudah berkoordinasi dengan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dan malam nanti bertemu dengan Kami. Kita wajib membantu, sesuai arahan Tim gugus tugas dari provinsi Sumatera Barat. Kalau terkait kerjasama, itu perlu sebuah dokumentasi resmi secara tertulis. Berdasarkan arahan pimpinan Kita akan bantu,"terang singkat (sedang rapat) Kadis Kesehatan Payakumbuh, Bakhrizal, Senin (11/05/2020) malam melalui selulernya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra mengaku siap memasang badan untuk demi kepentingan orang banyak dan kemanusiaan. 

"Kalau saya nanti jadi tumbal, tidak masalah. Yang jelas selamatkan dulu ratusan ribu masyarakat Limapuluh Kota," tegas Deni. (014)

Post a Comment

0 Comments