Pasukan Tiongkok dan India Saling Tembak di Perbatasan


Willy Haryono • 11 Mei 2020 09:34

IMPIANNEWS.COM (New Delhi).

Sejumlah prajurit terluka saat pasukan India dan Tiongkok terlibat aksi baku tembak di sepanjang perbatasan Nakula di negara bagian Sikkim pada akhir pekan kemarin. 

"Empat tentara India dan tujuh Tiongkok terluka dalam konfrontasi yang melibatkan sekitar 150 prajurit," ucap seorang personel keamanan India.

Konfrontasi agresif antar kedua pasukan terjadi di dekat sektor Naku La, sebuah perlintasan yang berada di ketinggian lebih dari 5.000 meter.

"Baku tembak berdurasi pendek antara pasukan perbatasan memang terjadi," ujar beberapa sumber di pemerintahan India, dilansir dari ITV, Minggu 10 Mei 2020.

"Perilaku agresif kedua kubu berujung luka-luka ringan. Kedua kubu akhirnya berhenti saling menyerang setelah adanya dialog dan interaksi di level lokal," sambungnya.

India dan Tiongkok berbagi perbatasan yang memiliki panjang hampir 4.000 kilometer. Banyak titik perbatasan kedua negara yang masih menjadi sengketa hingga saat ini.

Ini bukan kali pertama pasukan India dan Tiongkok terlibat baku tembak di perbatasan. Pada Agustus 2017, prajurit kedua negara saling melempar batu dan juga berkelahi secara fisik di dekat Pangong Lake di Ladakh.

Insiden tersebut terjadi usai beberapa prajurit India yang berpatroli tidak mengumumkan kehadiran mereka kepada pasukan Tiongkok.

Setelah perkelahian, kedua kubu sama-sama memanggil bala bantuan. Ketegangan itu berakhir lewat dialog di level delegasi kedua kubu. Perseteruan India dan Tiongkok di dekat Garis Kontrol Aktual (LAC) tersebut meningkatkan ketegangan bilateral kedua negara kala itu.

India telah mengirim pasukan untuk menghentikan Tiongkok membangun sebuah jalan di area terpencil di area Doklam, yang sama-sama diklaim Tiongkok dan juga Bhutan.

Kala itu, Beijing mengatakan India tidak memiliki peran di area tersebut, dan meminta agar seluruh pasukannya menarik diri.

Post a Comment

0 Comments