Soetan Oesman, Walikotamadya Payakumbuh Pertama

IMPIANNEWS.COM 
Catatan Feni Efendi, --- Setelah Payakumbuh diresmikan sebagai kotamadya oleh Amir Machmud, Menteri Dalam Negeri, pada tanggal 17 Desember 1970, maka besok harinya langsung diadakan acara serahterima antara Soetan Oesman sebagai Walikotamadya Payakumbh di kantor Bupati  Limapuluh Kota.

Kantor Walikota pertama berada di gedung dealer mobil Suzuki sekarang, tidak jauh dari Soto Che. Saat itu jumlah penduduk masih 63.339 jiwa. Dan 1.033 jiwa terdapat warga keturunan.

Sebagai kotamadya yang barus diresmikan, Soetan Oesman membentuk 7 nagari dengan 72 jorong (sekarang kelurahan). Dan saat itu jumlah pegawai negeri baru 14 orang.

Soetan Oesman memimpin Kotamadya Payakumbuh dari tahun 1970-1978. Dan dinas pertama kali yang dibentuk adalah Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan.  Setelah itu Kantor Departemen Penerangan, Kantor Statistik, Dinas Peternakan, Kantor Departemen Sosial, dan Dinas Pembinaan Bangsa. 

Dan beberapa seksi di antaranya seksi kesra, seksi politik, seksi arsip, seksi perlengkapan, seksi keamanan, seksi perundangan dan tata hukum, seksi keuangan, seksi kepegawaian, seksi perencanaan pengawasan, sub bagian admknistrasi, dan pengawas Pasar Serikat. 

Lalu dibentuk pula Dinas Kesehatan, pendirian Puskesmas Ibuh, Dinas Pendapatan Daerah, Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Departemen Agama, serta menggagas lahirnya PDAM, membangun Pasar Inpres Bagian Timur, dan perkiosan dan los inspres. 

Sedangkan kantor pos dan giro sudah ada di Payakumbuh sejak tahun 1960. Begitu juga dengan kantor cabang transmigrasi telegrap dan telepon sudah hadir sejak 1970. Adapun kantor pegadaian sudah ada sejak tahun 1966. Dan Bank Nasional sudah hadir tahun 1965, BPD 1965, BNI 1965, BRI 1970.

Pemilu pertama Payakumbuh pada tahun 1971 dengan ketua DPRD terpilih adalah E Suparya Ratna Wijaya yang berkantor di Gedung Gambir. 

Sedangkan pemimpin kejaksaan negeri Payakumbuh adalah Algian Yunus SH, job Kapolres oleh AKBP Amad Atmajarawita, Komandan Kodim oleh Letkol Inf Soemardi, ketua pengadilan negeri oleh Rizora Efendi, dan kepala Pengadilan Agama oleh H. Abdullah Ali.

Kotamadya Payakumbuh mengadakan pemilu kedua pada tahun 1977. Tiga partai pemenang saat itu adalah Golkar, PPP, PDI. Dan ketua DPRD terpilih adalah Muhammad Dian dari fraksi ABRI. 

Dan Soetan Oesman meletakkan jabatannya pada tanggal 24 Juni 1978. Soetan Oesman dikenal sebagai peletak dasar pemerintahan dan pembangunan di Payakumbuh.(rel/014)

Post a Comment

0 Comments