Ribuan Botol Hand Sanitizer Selesai Diproduksi SMAKPA, Diserahkan ke Pemko Padang


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pemerintah Kota Padang akan mendistribusikan ribuan botol larutan hand sanitizer ke kantor-kantor pemerintahan dan posko Covid-19. Larutan anti virus dan bakteri tersebut merupakan bantuan dari Bank Nagari yang telah diproses di laboratorium SMK SMAK Padang.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menerima secara simbolis hand sanitizer tersebut dari Kepala SMK SMAK Padang Nasir di rumah dinas, Sabtu (18/04/2020).

“Terimakasih kepada Kementerian Perindustrian melalui tim SMK SMAK Padang yang membantu memproduksi hand sanitizer ini. Nanti akan kami distribusikan untuk kantor – kantor pemerintahan dan posko – posko penanggulangan Covid-19 di Kota Padang,” kata Mahyeldi yang didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Barlius.

Menurur Mahyeldi, upaya mencegah penyebaran virus corona salah satunya melindungi bagian tangan. Perlindungan yang efektif adalah menggunakan larutan formulasi yang ampuh membunuh bakteri dan virus berupa hand sanitizer.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak, kita bisa meringankan beban menghadapi wabah virus corona ini,” ujarnya.

Pelajaran dan hikmah dari wabah ini, kata Mahyeldi, semua bisa saling bekerjasama dan meningkatkan disiplin untuk menjaga kebersihan serta menimbulkan kepedulian.

“Kita memetik pelajaran dan hikmah dari semua ini (pandemi covid-19),” ulas Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala SMAK Padang, Drs. Nasir mengatakan, untuk pembuatan hand sanitizer ini, Pemko Padang menyediakan 10 drum alkohol berkadar 96 persen yang nanti dicampur dengan zat lainnya.

“Larutan sanitizer sekitar 2400 liter dikemas dalam kemasan 1 liter sebanyak 1300 botol, 500 ml sebanyak 1260 botol, 200 ml sebanyak 1500 botol dan 110 ml  sebanyak 1500 botol,” terang Nasir.

Lebih lanjut, Nasir menjelaskan, terkait pencegahan Covid-19 di Indonesia, Kemenperin telah memerintahkan ke seluruh satker agar berpartisipasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah. SMAKPA sebagai unit pendidikan di bawah BPSDMI Kemenperin juga bersinergi dengan Pemko Padang.

“SMAKPA bersinergi dengan Pemko Padang dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pencegahan wabah corona. Beberapa pekan lalu kita membagikan hand sanitizer di Masjid Raya Sumbar. Sekarang kita bantu meracik formulasi pembuatan hand sanitizer untuk Pemko,” ulas Nasir.

Selain hand sanitizer dan disinfektan, menurut Nasir, siswa SMAK Padang juga mempunyai karya berupa handsoap, shampoo, pembersih kaca dan pembersih lantai yang efektif juga membunuh bakteri dan virus.

“Produk – produk tersebut merupakan buatan siswa sendiri. Kita tidak perjualbelikan. Jika untuk kebutuhan lebih banyak dalam mengatasi wabah corona ini, kita produksi secara percuma asalkan bahan tersedia,” pungkas Nasir.

Post a Comment

0 Comments