Media Korea Utara Sebut Kim Jong Un Sudah Kembali 'Bekerja'


Isu Kim Jong Un Meninggal

Media Korea Utara tetap melaporkan jadwal rutin harian Kim Jong Un, yang dinilai menunjukkan bahwa pemimpin berusia 36 tahun tersebut tetap melakukan kegiatan kenegaraan secara normal.

IMPIANNEWS.COM.(Korut).

Media Korea Utara melaporkan bahwa pemimpin negara mereka, Kim Jong Un, telah kembali melanjutkan pekerjaan terkait urusan kenegaraan secara normal. Kabar tersebut disampaikan di tengah-tengah rumor dan spekulasi mengenai kesehatan Kim Jong Un yang dikabarkan memburuk, bahkan dikatakan telah meninggal dunia.

Media Korea Utara tetap melaporkan jadwal rutin harian Kim Jong Un, yang dinilai menunjukkan bahwa pemimpin berusia 36 tahun tersebut tetap melakukan kegiatan kenegaraan secara normal.

 Pasalnya, Kantor Berita Pusat Korut (KCNA) mengatakan pada Senin (27/4) malam bahwa Kim Jong Un mengirim surat berisi ucapan selamat kepada presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa. Hal tersebut diklaim sebagai laporan mengenai salah satu tugas kepemimpinannya.

Dikutip dari CNN pada Selasa (28/4), dalam surat itu Kim memberi ucapan selamat perayaan hari kemerdekaan bagi Afrika Selatan. Selain memberi ucapan selamat, dalam suratnya Kim menyatakan keyakinannya bahwa persahabatan antara kedua negara bisa berkembang ke ranah yang lebih luas.

Sayangnya, surat tersebut belum bisa diverifikasi keasliannya, terlebih mengingat Kim Jong Un sendiri tak kunjung muncul secara langsung di depan publik. Akan tetapi, ini bukanlah pertama kalinya Kim mengirim surat untuk negara lain di tengah kabar soal kondisi kesehatannya.

Media Korea Utara, KCNA, sebelumnya juga menyebutkan kalau Kim Jong Un mengirim surat untuk Presiden Suriah, Bashar Al-Assad. Dalam surat itu Kim Jong Un menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Presiden Bashar, yang menyampaikan pesan ucapan selamat untuk perayaan hari kelahiran Kim Il-sung, yang tak lain adalah kakek Kim Jong Un.

Spekulasi soal kondisi kesehatan Kim Jong Un sendiri mulai merebak setelah putra mendiang Kim Jong-il itu tak terlihat dalam acara tahunan perayaan kelahiran Kim Il-sung di Istana Matahari Kumsusan pada 15 April lalu. 

Hal itu menimbulkan spekulasi terkait kondisinya. Sebab, perayaan hari jadi mendiang sang kakek, pendiri negara, merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara.

Sementara itu, Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat, dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

Kim Jong Un sendiri muncul terakhir kali di depan umum pada 11 April lalu saat memimpin pertemuan Partai Buruh dalam rangka penanggulangan pandemi virus corona. (***

Post a Comment

0 Comments