Libatkan 425 Personil Gabungan, Gugus Tugas Covids19 Payakumbuh Gelar APBB

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Guna memantau perkembangan situasi Kota Payakumbuh, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh,  menggelar Patroli Berskala Besar

Apel Patroli Berskala Besar pada Sabtu (11/4/2020) pagi diawali Apel bersama Gugus Tugas di depan Posko Tanggap Darurat Covid-19 di Jalan Sudirman Kota Payakumbuh dipimpin oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi.

Turut dihadiri Wakil Walikota Payakumbuh, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Sekdako Payakumbuh beserta OPD, personel masing-masing instansi dan petugas Posko.

Dalam sambutannya, Walikota Payakumbuh memberikan penekanan kepada peserta apel terkait pembatasan dalam pembubaran massa. Riza menekankan agar kegiatan pembubaran kerumunan massa tidak menggangu kegiatan yang berkaitan dengan roda perekonomian sebagaimana kebijakan pemerintah pusat.

“Kita hanya bisa mengingatkan kepada penjual di pasar dan pelaku usaha perekonomian serta pengunjungnya untuk menjaga jarak aman, menggunakan masker serta cuci tangan ketika menyentuh barang dari orang lain. Karena kita pemerintah tidak mampu menggantikan nafkah mereka“, ujar Walikota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh juga mengatakan perlunya memperhatikan warga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Corona. Jajarannya sudah menyiapkan dapur umum yang sebelumnya ditempatkan di depan Pos Adipura. Karena dirasa kurang efektif dan kurang tepat sasaran, Walikota meminta agar dapur umum itu dipindahkan ke Kecamatan-Kecamatan atau bahkan di Kelurahan-Kelurahan.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menambahkan bahwa jajarannya telah menyiapkan 270 masker kain yang akan dibagikan kepada perwakilan instansi yang hadir yaitu Kodim, Polres, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan personel Posko Tanggap Darurat.

“Masker tersebut adalah hasil produksi teaching factory jurusan tata busana SMKN 3 Payakumbuh dan hasil kerja sama kami dengan penjahit di sini. Berkenan Gugus Tugas mengupayakan hal ini, tingkatkan perekonomian warga dengan mengakomodir para penjahit untuk membuat masker kain untuk nantinya dibagikan kepada masyarakat“,sambung Kapolres Payakumbuh.

Selanjutnya, Kapolres meminta kepada peserta apel. “Tolong bantu bagikan masker ini saat kita nanti patroli menemukan warga di jalan yang tidak menggunakan masker. Untuk Posko Tanggap Darurat, masker bisa diberikan ketika ada masyarakat yang melaporkan baru tiba dari wilayah lain atau yang meminta pemeriksaan kesehatan“.

Walikota Payakumbuh Bagikan Sembako
Sebelum patroli dimulai, Walikota Payakumbuh membagikan paket sembako kepada warga yang sangat terdampak akibat wabah Corona.

“Ada 50 paket Sembako disiapkan untuk warga dan akan dibagian kepada warga yang tidak mampu“, ujar Kabag Ops Porles Payakumbuh Kompol Basrial.

Forkopimda juga membagikan masker kepada warga sekitar posko tanggap darurat yang ikut memontior apel bersama patroli skala besar.

“Mari kita kasih contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah, kita langsung berikan dan pasangkan kepada masyarakat di sekitar pasar“,  ujar Dandim 0306/50 Kota, Letkol Kav. Fery S Lahe mengajak Forkopimda.

Kemudian, Forkopimda memimpin patroli menyusuri jalan-jalan utama di Kota Payakumbuh. Sesekali terpantau Forkopimda dan peserta patroli berhenti membagikan maskser di jalanan termasuk juga kepada pedagang dan pengunjung Pasar Ibu Kota Payakumbuh.

Kabag Ops Polres Payakumbuh mengatakan bahwa patroli skala besar kali ini diikuti oleh 425 personel gabungan dengan melibatkan 165 unit motor, 26 unit mobil dan dan 4 unit truk. Menurutnya, tujuan dilakukan patroli adalah untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dan stakeholder dalam pencegahan Covid-19 sekaligus memantau kondisi terkini aktifitas masyarakat, kegiatan perekonomian masyarakat dan para pengguna jalan.

Sebelumnya Polres Payakumbuh melalui Satlantas, Minggu (05/04/2020) telah memulai mengkampanyekan pentingnya penggunaan masker untuk mengurangi resiko penularan virus Corona

Kasat Lantas Polres Payakumbuh IPTU Andika Alfatoni menuturkan bahwa masker tersebut dibagikan secara bertahap selama satu minggu terakhir ini kepada ojek dan penggendara yang melalui Tugu Adipura dan Pasar Payakumbuh.

“Petugas kami menghentikan pengendara yang tidak menggunakan masker lalu memberikan masker dengan cara memakaikannya kepada pengendara motor maupun mobil. Kita juga telah sebarkan masker dibeberapa titik lainnya“, pungkas Andika.

Tidak hanya itu, Andika juga menyebutkan bahwa jajarannya sengaja mendatangi pangkalan-pangkalan ojek untuk membagikan masker kepada pengendara ojek, diantaranya pangkalan ojek kelurahan Nan Kodok Kota Payakumbuh dan pangkalan ojek online di Jalan Soekarno Hatta Kota Payakumbuh.

Sayangnya anjuran tersebut terkendala dengan minimnya stok masker di pasaran.

Hal ini lah yang kemudian mendorong jajaran Polres Payakumbuh memberdayakan potensi ekonomi kerakyatan untuk membuat sendiri masker dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.(rel/014)


Post a Comment

0 Comments