Antisipasi Dampak Sosial Ekonomi Covid-19, Walikota Fadly Amran Luncurkan Gerakan Padang Panjang Peduli

IMPIANNEWS.COM (Padang Panjang).

Walikota Padang Panjang Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano dan Wakil Walikota Drs. Asrul, Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP, M.Si bersama Pengurus BAZNAS Kota Padang Panjang meninjau kondisi pasar sekaligus berbelanja sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Pusat Padang Panjang, Kamis, 2 April 2020 tepat pukul 16:00 WIB.

Menurut Walikota Fadly Amran, kunjungan ke pasar ini bertujuan ganda.  Pertama untuk merespon keluhan pedagang di Pasar Pusat Padang Panjang yang mengalami penurunan transaksi drastis semenjak mulai merebaknya Covid-19 di Indonesia umumnya dan Sumatera Barat khususnya. Hal ini disebabkan karena masyarakat memang diminta untuk tidak beraktifitas di luar rumah kecuali sangat dibutuhkan.  Sehingga pasar menjadi lengang dan sepi pembeli. Ini berdampak pada anjloknya pendapatan pedagang. 

Disebutkan, tujuan kedua,  belanja bahan pokok dalam jumlah yang cukup banyak tersebut dimaksudkan untuk didistribusikan kepada 3.300 paket sembako kemasyarakat tidak mampu, yang terkena dampak Covid-19. 

"Inilah gerakan Padang Panjang Peduli. Sumber dananya berasal dari infak Walikota, Wakil Walikota dan ASN Kota Padang Panjang serta didukung oleh Dana Zakat yang ada pada BAZNAS Kota Padang Panjang. Singkatnya adalah Dari Awak Untuak Awak,” katanya.

Sejumlah barang yang dibeli itu,  akan dipaket jadi Sembako dan didistribusikan pada Jum'at tanggal 3 April atau Sabtu 4 April 2020, melalui kelurahan-kelurahan dengan memanfaatkan jasa dari PSM, pendamping PKH dan relawan lainnya.

Sementara itu Sekda Sonny Budaya Putra menambahkan, di samping bantuan ASN dan BAZNAS ini, Pemerintah Kota Padang Panjang juga akan segera mendatangkan cadangan beras BULOG yang menjadi jatah Kota Padang Panjang. 

"Beras cadangan ini, juga akan didistribusikan dengan prioritas untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan pokok,  bagi masyarakat yang terdampak parah oleh Covid-19," katanya didampingi Kabag Perekonomian Putra Dwangga.


Disebutkan, atas nama Pemerintah Kota Padang Panjang, Walikota menghimbau seluruh masyarakat agar saling bahu membahu menghadapi musibah Covid-19, yang sedang melanda daerah dan bangsa ini. Dia minta masyarakat untuk mengikuti seluruh arahan pemerintah.

"Mari menjaga kebersihan, berdiam di rumah, tidak mendekati kerumunan. Sedangkan Aktifitas di pasar diharapkan tetap berjalan sesuai dengan batas yang ditentukan, dengan menghimbau seluruh pelaku pasar agar melaksanakan protokol antisipasi Covid-19 dalam pelaksanaan transaksi," tegasnya.

Ditegaskan, agar  semua warga  berdoa kepada Allah SWT supaya diberi kekuatan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini dan mampu melewatinya dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Bujang Pangeran salah seorang warga Padang Panjang, mengatakan, dia sangat mendukung kebijakan walikota.

"Saya rasa sudah sangat tepat kebijakan memberi bantuan ini. Saya mendukung," sebutnya usai berjumpa walikota di pasar Padang Panjang. (as).

#tafch
#covid19
#walikotapadangpanjang

Post a Comment

0 Comments