Kadis Pariwisata Minta LKK Padang Selatan Tingkatkan Peran Wujudkan Sapta Pesona


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) se – Kecamatan Padang Selatan, diminta berperan aktif mewujudkan Sapta Pesona. Pasalnya, sebagian besar wilayahnya merupakan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) yang gencar dikembangkan Pemerintah Kota Padang.

“Dalam rangka menarik minat wisatawan, diminta peran aktif dari tokoh masyarakat, Ketua RT dan RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan unsur lainnya untuk mewujudkan Sapta Pesona. Yaitu terdiri dari indikator aman, tertib, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan, ” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang Arfian Amhar saat pertemuan dengan LKK se – Kecamatan Padang Selatan di Hotel Kawana Alang Laweh, Jumat (20/12/2019).

Menurut Arfian, harus ada langkah – langkah pembinaan dan penyadaran terhadap masyarakat dalam rangka mewujudkan kondisi sapta pesona tersebut. Dengan mengoptimalkan peran LKK dan sosialisasi yang dilakukan terus – menerus, lambat laun masyarakat akan menyadari arti penting sapta pesona di sebuah daerah wisata.

” Adapun langkah pembinaan tersebut, sebaiknya dimulai dengan mengoptimalkan peran LKK ,” ujar Arfian.

Kadisparbud mengapresiasi kegiatan pertemuan dengan LKK yang diinisiasi Camat Padang Selatan Fuji Astomi tersebut. Di samping penyerahan dana bantuan operasional triwulanan bagi LKK, kesempatan ini juga dalam rangka diskusi dengan para tokoh masyarakat tersebut.

“Pertemuan seperti ini sangat baik. Kita bisa berdiskusi dan menindaklanjuti langkah – langkah sosialisasi dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, ” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Fuji Astomi mengatakan, LKK diminta untuk lebih berperan dalam rangka menyadarkan masyarakat, terutama di sekitar objek wisata. Wilayah objek wisata di Padang Selatan diantaranya, Pantai Air Manis, Gunung Padang, Muaro dan Kota Tua.

“Kita terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat di sekitar objek wisata, ” kata Camat disapa Tomi itu.

Di samping objek wisata yang sudah dikenal, kata Tomi, sekarang ada Bukik Karan di Kelurahan Rawang yang berpotensi untuk dikembangkan. “Ke depan lokasi ini akan bisa jadi primadona destinasi baru Kota Padang bila pengelolaannya mengacu pada sapta pesona, ” imbuhnya.

Adapun penyerahan dana bantuan operasional RT, RW dan LPM kali ini, dibarengi dengan penyerahan hadiah penilaian LKK terbaik. LKK dari Kelurahan Rawang mendominasi penerimaan hadiah, karena RT, RW dan LPM dari kelurahan dipimpin Lurah Andi Amir itu masuk penilaian terbaik. (ydt)

Post a Comment

0 Comments