TK IPHI Jamiatul Hujaj dan SDN 08 Payakumbuh Dikunjungi Tim Penilai Kota Sehat

IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Luar biasa, begitu tulis komentar tim pemantau kota sehat dari Kementerian Dalam Negeri RI di buku tamu  Taman Kanak-Kanak Ikatan Persaudaraan Haji ( TK IPHI )  Kota Payakumbuh Selasa Siang, 6 Agustus 2019 setelah berkeling dilingkungan sekolah sehat juara 3 Nasional tahun 2016 yang masih terawat, rindang, bersih dan asri sampai saat ini demikian disampaikan oleh Elides Usni, SPd Aud. Kepala  sekolah TK yang kharismatik ini yang baru saja kembali dari menghadiri undangan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI  Trainer Of Trainer (TOT) instruktur Pelatihan Peningkatan Kompetensi (PPK) guru TK di Surabaya Jawa Timur dua hari sebelum dikunjungi tim pemantau Kota Sehat. 

Lain lagi Saat sampai di SDN 08 Payakumbuh Parambahan disambut oleh Kepala sekolah setempat Irnawati, S.Pd didampingi Camat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori David Bahri, S.IP, Kabid Pendidik & Tenaga Kependidikan Drs.Azwardi, M.Pd dan H.Dasril, S.Pd, M.Pd dari Dinas Pendidikan serta Kepala Dinas Kesehatan dr. Fakhrizal bersama Sekdis Desmon Corina dan  Kepala Puskesmas  Lamposi,  semua majelis guru dan tokoh masyarakat setempat. Lagu mars sekolah sehat diringi musik perkusi yang dimainkan oleh murid-murid SDN 08 memukau perhatian para tamu Pemerintah Kota Payakumbuh tersebut.

Selanjutnya makan siang bersama  di kantin sehat sekolah setempat. Sebelum makan koordinator tim pemantau sempat menemui petugas kantin sekolah  Mirta Wahyuni dan  Nofia Ariyanti pemegang sertifikat Laik Sehat Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) karena telah lolos pelatihan dari Dinas.Kesehatan Kota Payakumbuh dan menanyakan  pembinaan yang pernah diikuti dari Puskesmas setempat. Kami petugas kantin sudah pelatihan, Pak dan ini sertifikatnya", kata Mirta Wahyuni sambil menunjukkan sertifikat yang dipajang didinding bagian dalam kantin tersebut.

" Oh kalau bersertifat  PJAS  seperti ini saya tidak perlu banyak komentar lagi sudah berlaku nasional ini" kata pimpinan tim pemantau dari Jakarta tersebut. " Pak mari kita masuk dulu ke kantin disamping ini pak kita nikmati dulu menunya biar kita tau rasanya" kata Elzadaswarman alias Om Zet asisten Bidang Perekonomian yang mendampingi tim siang itu, karena memang waktu sudah menunjukkan pukul 14.15  siang.

Perjalanan tim pemantau mengitari kota Payakumbuh di 16 titik pantau dan disejumlah ruas jalan berjalan lancar tentunya Kota " Payakumbuh berharap terus bisa melanjutkan label kota sehat kategori Wistara apalagi dengan dukungan semua pihak termasuk jajaran Dinas Pendidikan melalui sekolah sehat ini" tukuk Kadis Kesehatan dr. Fakhrizal.(rel/ul)