Siswa SD di Payakumbuh Dilatih Shalat Idul Adha dan Berqurban

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kumandang Talbiyah di Padang Arafah 9 Zulhijah setiap tahun termasuk tahun  2019 ini. Jutaan umat muslim seantero jagad dunia hari ini berbondong-bondong menuju Padang Arafah menandai prosesi puncak ibadah haji di Makkah Al Mukarramah Saudi Arabia menjelang Idul Adha 1440 H yang Insya Allah akan  jatuh esok hari Minggu, 9 Zulhijjah 1440 H  bertepan dengan 11 Agustus 2019 Masehi.

Datang ke Padang  Arafah menjelang siang sampai terbenam matahari untuk bermunajad memohon ampunan Allah SWT atas segala salah dan dosa  sambil berharap berkah dan ridha Allah SWT.

Lain lagi di Payakumbuh ribuan murid-murid SD bersama guru-guru dan kepala sekolah se Kota Payakumbuh menyambut datangnya Idul Adha hari raya Qurban 1440 H kali ini dengan berbagai persiapan dan latihan antara lain berpuasa hari tarwiyah dan puasa hari Arafah serta latihan berqurban dengan membawa telur ayam dari rumah untuk di berikan sebagai latihan ibadah qurban kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

Di beberapa Sekolah Dasar terpantau adanya latihan sholat Idul Adha berjemaah di pandu oleh guru-guru agama Islam dari Masing-masing SD di Payakumbuh dengan imam dan khatib dipilih dari murid-murid yang sudah terlatih belajar jadi imam dan khatib sebelumnya.


Di SDN 10 Balai Betung semua siswa diajar dan ditanamkan semangat berqurban dengan menyumbangkan 2 buah telur yang nantinya akan dibagikan kepada kaum dhuafa yang ada di sekitar sekolah yang terletak di Balai Betung Kelurahan Ompang tanah Sirah yang saat ini dikepalai, Musri.

SDN 28 Payakumbuh Parit Rantang  aktifitas menyambut Idul Adha 1440 H dilakukan latihan sholat  Id di halaman sekolah setempat sebagaimana di rilis oleh Kepala sekolahnya Syamsul Alam, S.Pd. dilaman media sosialnya.

Di SDN 50 yang dipimpin oleh Kepsek Nurmita, S.Pd " disamping latihan sholat Id kami juga latih siswa berqurban dengan membawa telur ayam dari rumah masing-masing karena di lingkungan kami banyak peternak ayam"  jelas Nurmita. 

Lain lagi di SDN 04 Payakumbuh Labuh Baru yang dipimpin oleh Kepala Sekolah yang juga ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( K3S ) Kota Payakumbuh Armansyah, S.Pd

" Kami libatkan semua siswa latihan sholat Id dengan iman dan khatib  dari siswa yang hafiz dan berprestasi di sekolah, dipercaya sebagai imam Abdullah Syaqif kelas V SD dan Khatib Imam Muhammad Hamdi kelas VI yang membahas QS. Surat  Al- Kautsar dan QS. Al- Maun ayat 4-5 diperkuat dengan mengutip hadist Nabi Muhammad SAW ". tukuknya.

Di berbagai SD lainnya juga sempat terpantau kegiatan latihan sholat Idul Adha yang melibat semua siswa dan guru-guru antara lain di SDN 53 Payakumbuh Bunian dipimpin Kepsek Syafriadi, S.Pd.

SDN 25 Payakumbuh Tiakar dibawah binaan Ermawati H.  SDN 07 Payakumbuh Limo Kampuang,

SDN 32 Payakumbuh di Koto Panjang Payobasung dibawah pimpinan Refdinel, S.Pd, SDN 15 Payakumbuh Balai Batimah yang dikelola oleh Muharni, S.Pd dan SDN 39 Payakumbuh di Labuh Basilang di bawah binaan Kepala sekolah Martina Linda, S.Pd. Sampai berita ini diturunkan baru ini informasi dari sekolah yang sudah dirilis di group Watshaaps Kepala SD Kota Payakumbuh. (rel/ul)