Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Perubahan APBD Tahun 2019. Terjadinya Penurunan Pendapatan tidak Terpenuhi Target

IMPIANNEWS.COM (Padang).

DPRD Provinsi Sumatera Barat gelar rapat paripurna dalam rangka penetapan ABPD 2019, dalam Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan dan penetapan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2019,  akhirnya merampungkan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2019. Rapat paripurna ini di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumatera Barat Ir .H. Hendra Irwan Rahim ,MM.  Kamis 15/8/2019 di gedung utama DPRD sumbar.      
                                                                                Ketua DPRD sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan,  sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 thn 2018 fraksi – fraksi telah menyampaikan Pendapat akhir fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun 2019. Pada APBD Perubahan ini terjadinya penurunan pendapatan daerah disebabkan tidak terpenuhinya target penerimaan dari dividen BUMD, restribusi dan pendapatan BLUD RSUD,” ungkapnya.
                                                                                proyeksi pendapatan daerah yang ditampung dalam Ranperda perubahan APBD tahun 2019, adalah sebesar Rp6,605 triliun lebih. Proyeksi tersebut berkurang dari yang telah ditetapkan dalam APBD awal yaitu sekitar Rp6,729 triliun atau berkurang sekitar Rp123,476 triliun lebih.                                                                                    Turunnya proyeksi pendapatan daerah berdampak terhadap alokasi belanja daerah, Pada Ranperda perubahan APBD dialokasikan sebesar Rp7.087 triliun atau berkurang sekitar Rp43,581 triliun. ujarnya.
                                                              Lebih lanjut Hendra mengatakan terkait terjadinya perubahan akibat adanya tambahan dan pergeseran anggaran antar jenis belanja , dan tambahan dan pergeseran tersebut harus diselaraskan dengan perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD), untuk itu perlu dilakukan agar pergeseran anggaran tidak menimbulkan permasalahan dalam pelaksanaannya.                                                                                     untuk itu Ketua DPRD mengingatkan, agar Gubernur bersama jajaran pemerintah daerah memperhatikan segala hal yang digarisbawahi oleh fraksi-fraksi DPRD dalam pendapat akhir. Catatan dan masukan fraksi-fraksi tersebut menjadi satu kesatuan dari hasil pembahasan yang telah dilakukan.         
                                                                                Dan untuk itu gubernur hendaknya segera menyampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi, paling lambat tiga hari sejak perubahan ini ditetapkan, sesuai dengan Permendagri nomor 13 tahun 2016,” ungkap Hendra        Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan apresiasi yang besar terhadap tuntasnya pembahasan Ranperda perubahan APBD tahun 2019 tersebut. Irwan Prayitno Mengacu kepada Permendagri, pihaknya segera akan menyampaikan Ranperda perubahan APBD yang telah ditetapkan ke Kemendagri. (Ay)