Tim Safari Ramadhan Provinsi Kunjungi 2 Masjid di Bukittinggi

IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias didampingi Wakil Walikota Irwandi, Dandim 0304 AgamLetkol. Inf.Victor Andhyka Tjokro, Waka Polres Kompol.Sumintak dan sejumlah kepala SKPD bertempat di rumah dinas Walikota Belakang Balok menyambut kunjungan 2 (dua) Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (18/5).

TSR Provinsi Sumatera Barat yang merupakan Tim IA yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan dengan anggota Ka.Stasiun TVRI Sumbar, Kanwil Kementerian Agama, dan dari Biro Bintal dan Kesra serta Muahmmad Ridho Nur sebagai penceramah. Sedangkan Tim IB yang dipimpin oleh Rektor Unand Padang juga dihadiri oleh beberapa Ka.SKPD Provinsi Sumatera Barat serta penceramah.

Sebelum masing – masing tim menuju masjid yang akan dikunjungi diawali terlebih dahulu dengan acara Buka Puasa Bersama dan dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungna TSR Provinsi dengan dua tim sekaligus yang akan mengunjungi dua masjid yang berbeda. Disamping itu walikota juga menginformasikan bahwa Kota Bukittinggi juga baru saja menyelesaikan kegiatan TSR yang diawali sejak tanggal 13 sampai dengan 16 Mei 2019.

“Kota Bukittinggi juga baru saja menyelesaikan kegiatan TSR dengan 12 tim yang mengunjungi 45 masjid yang berada di 24 Kelurahan di Bukittinggi dan saat ini sedang berjalan Tim Kecamatan yang mengunjungi Mushalla – mushalla yang ada di Kota Bukittinggi” ujarnya.

Dihadapan kedua tim Walikota juga menyampaikan tentang kegiatan – kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang telah dilakukan dan sedang dilakukan di Kota Bukittinggi, seperti pembangunan pasar atas yang masih berlangsung, pembangunan RSUD dan pembangunan Kantor DPRD serta pembangunan beberapa Kantor Lurah serta sekolah – sekolah yang dilengkapi dengan mushalla yang representatif.

Disamping itu Ramlan juga menginformasikan bahwa semenjak selesainya pembanguan pedestrian Taman Jam Gadang telah meningkatkan jumlah kunjungan ke Bukittinggi sekitar 60 persen. Begitupun dengan pertumbuhan ekonomi Bukittinggi diatas rata – rata nasional, kalau pertumbuhan nasional 5,8 persen, Kota Bukittinggi pertumbuhan ekonominya diatas 6 persen.  

Kemudian Ramlan juga menginformasikan kepada tim provinsi bahwa untuk persiapan lebaran yang diprediksi para perantau akan banyak pulang kampung, Kota Bukittinggi telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas, dengan Polres dan Kodim telah dipersiapkan pengamanan, tuturnya.

Setelah berbuka puasa bersama, tim melakukan kunjungan ke masjid masing – masing yang telah ditetapkan,Tim yang dipimpin oleh Rektor Universitas Andalas Padang Prof.Tafdil Husni yang didampingi Wakil Walikota Irwandi bersafari di Masjid Nurul Yaqin Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang Kecamatan Guguk Panjang sedangkan Tim yang dipimpin Asisten II Setda Provinsi Sumbar Benny Warlis mengunjungi Masjid Baburrahman Luak Anyia Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan didampingi Asiten I Setdako Bukittinggi Noverdi. Masing – masing tim juga didampingi oleh Kepala SKPD Kota Bukittinggi.

Selain bersilahturrahmi dan tatap muka dengan masyarakat, masing – masing tim memberikan bantuan Rp.20 juta untuk kelanjutan pembangunan masjid dan dari Kanwil Kemenag juga diserahkan bantuan bingkisan berupa sejumlah Al Qur’an. (Sy)