Semangati Karyawan Layani Mustahik di Bulan Ramadhan

Semangati Karyawan
Layani Mustahik di Bulan Ramadhan

Catatan : Awaluddin Kahar, S.IKom
Humas Baznas Padang.

PADANG, Pimpinan dan karyawan Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) Kota Padang setiap hari (Senin sampai Jumat) tidak berhenti melayani ummat. 

Baik Mustahik (penerima zakat) yang masuk dalam delapan asnaf (kelompok delapan). Seperti fakir, miskin, gharimin (orang terlilit hutang), ibnu sabil, fisabilillah dan mu'allaf. Kecuali budak.

Selain kesibukan melayani Mustahik, juga Amil Zakat di Baznas Padang melayani Muzakki (pembayar/wajib zakat).

Para Muzakki dilayani di Kantor Baznas dan didatangi ke alamat para Muzakki masing masing. Bisa ditemui di kantor atau di rumah mereka.

Secara normal sebelum Ramdhan, pelayanan terasa sibuk pada hari Senin dan Rabu. Sebab pada hari itu, ratusan Mustahik datang mengambil zakat ke Kantor Baznas Padang. Taoi di  luar Ramadhan, selain hari Senin dan Rabu, pelayanan jugab tetap jalan.

Namun, di bulan Ramdhan pelayana terhadap Mustahik lebih ekstra. Seperti Ramadhan tahun ini, diadakan Semarak Ramadhan 1440 H/2019 H.

Kenapa Amil Zakat Baznas Padang lebih sibuk melayani Mustahik? Iya. Pada bulan Ramadhan ribuan fakir dan miskin disantuni dengan program belanja gratis.

Ramadhan tahun ini tidak kurang dari 35 ribu kupon atau voucher belanja gratis diberikan pada kaum fakir dan miskin.

Setiap kepala keluarga (kk) yang termasuk fakir dan miskin mendapat voucer belanja gratis senilai Rp.150.000 ribu.

Niat baik pimpinan dan karyawan Baznas Padang, sungguh sangat mulia. Sebab ingin membantu sedikit kesulitan fakir dan miskin di bulan Ramadhan. Apa lagi ekonomi rakyat sekarang  sangat sulit.

Disamping membantu kaum fakir dan miskin Baznas Padang di bulan Ramadhan ingin pula melihat anak anak yatim tersenyum. Gembira. Dengan progran menyantuni anak yatim.

Disinilah perjuangan keras para Amil Zakat itu diuji. Mereka harus bekerja keras menemui para Muzakki atau orang kaya di Kota Padang agar ikut membantu nasib si fakir dan miskin.

TETAP SEMANGAT

Melihat beratnya kerja para Amil Zakat empat dari lima pimpinan Baznas Padang, Kamis, 8 Mei 2019 hadir dalam beriefing rutin karyawan Baznas Padang di Kantor Baznas Padang.

Hadir  dalam beriefing tersebut, Ketua Baznas Padang H. Episantoso,  Wakil Ketua I H. Syafriadi Autid, Wakil Ketua III Elni Sumiarti Amnur dan Wakil Ketua IV Siril Firdaus.

Pimpinan Baznas Padang berharap niat mulia menyantuni fakir, miskin dan anak yatim bisa telaksana dengan baik. 

"Mari kita tingkatkan ketaatan dan ibadah kita di bulan Ranadhan ini. Dan kita berdoa semoga amalan kita diterina Allah," timpal Ketua Baznas Padang, H. Episantoso.

Motivasi yang sama juga disampsikan H. Syafriadi Autid, Ust. Siril Firdaus dan Bunda Elni Sumiati.  ***