Ketua KAN Payobasung Penceramah di Mushalla Baiturrahman Sawah Padang

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Pada malam Ramadhan kelima belas qiyamul lail di mushalla Baiturrahman Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning, Ahad (19/05/2019) bertindak sebagai pentausiyah Ketua KAN Payobasung Erfan Joni Dt. Tan Mamat yang mengambilkan dasar kajiannya pada Surat Al a'la, dilengkapi dengan surat Al Mukminuun ayat 1 dan Surat Al Hujurat ayat 15.

"Qod aflahal man ta zakkaha. Qod aflahal mukminuun. Alladzi nahum fi sholatihim khosyi'uun"

Kepada puluhan jemaah tarwih, Erfan Joni Dt. Tan Mamad mengajak jemaah memperbanyak syukur atas nikmat Allah. Dirinya juga menyebut bahwa Mushalla Baiturrahman makin rancak, kondisi ini harus disyukuri.

Beruntunglah orang mukmin yang mensucikan dirinya, mensucikan hati dengan shalat yaitu shalat yang khusuk. Bukan shalat asalan, tapi shalat yang mengharap ridho Allah, karena shalat adalah susunan doa - doa,"sebut Buya.

Diterangkan, shalat berjemaah mengandung nilai Hablul min Allah wa hablul minan naas.
Meskipun shalat wajib itu hanya 17 rakaat, tapi shalat adalah amalan yang berat. Sehingga banyak yang memandang remeh dan ringan dibuktikan dengan banyaknya umat Islam yang masih meninggalkan shalat. Padahal shalat adalah cermin muslim, shalat pencegah kemungkaran dan amalan pertama dihisab. 

"Untuk itu, jangan lagi lalaikan shalat apalagi meninggalkannya. Perlu diingat, masa lalu takkan kembali,"Buya ingatkan jemaah.

"Adat Minangkabau menganut moto ABS ABK, namun dengan kemajuan zaman, motto ini sering diabaikan. Padahal adat Minang itu sudah sempurna,"tukuk Erfan Joni Ketua KAN Payobasung.

Qiyamul lail Ramadhan yang dirangkai dengan kunjungan TSR KAN Aur Kuning ini tampak dihadiri Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam, Sekdako Rida Ananda bersama istri, Ketua KAN Aur Kuning, Lurah setempat, tokoh masyarakat dan jemaah Mushalla Baiturrahman.(ul)