Bos IRGC: Iran Sudah Lemahkan Semangat AS untuk Perang

IMPIANNEWS.COM.(Teheran). 

Komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Mayor Jenderal Hossein Salami mengklaim kekuatan Iran di kawasan Teluk telah melemahkan kemampuan musuh bebuyutannya, Amerika Serikat (AS) untuk berperang. Bos Garda Revolusi ini mengaku tak takut dengan ancaman musuh.

Klaim Salami disampaikan sehari setelah Presiden AS Donald Trump mengaku tidak menginginkan perubahan rezim di Iran meski peralatan perang dan pasukan militer Amerika ditumpuk di Timur Tengah.

"Kami telah dapat...mengosongkan kapasitas musuh untuk berperang. Anda melihat penurunan dan jatuhnya kemampuan bicara musuh," kata Jenderal Salami, seperti dikutip Reuters, Rabu (29/5/2019). Komentarnya sebagai sindiran terhadap pernyataan Trump selama kunjungannya ke Jepang.

"Hari ini, Iran adalah kekuatan absolut di kawasan ini dan karena itu (Iran) tidak takut akan ancaman musuh. Hari ini, Amerika telah dikalahkan dalam filosofi politiknya," ujarnya.

Trump telah melunakkan "nada"-nya terhadap Iran dengan mengklaim tidak memiliki niat untuk menggulingkan rezim Teheran. Dia percaya sanksi ekonomi yang berat terhadap Iran akan memaksa Teheran untuk membuat kesepakatan.

“Kami tidak mencari perubahan rezim, saya hanya ingin menjelaskannya. Kami tidak mencari senjata nuklir," ujarnya.

Ketegangan meningkat antara Iran dan Amerika Serikat setelah serangan awal bulan ini terhadap kapal-kapal tanker minyak di Teluk. Washington menyalahkan serangan terhadap Teheran. Namun, Iran membantahnya.