Baznas Payakumbuh Segera Santuni 1000 mustahik

Ketua Baznas Payakumbuh, H. Mismardi
IMPIANNEWS.COM
Mismardi : Seribu Lansia Dan Warga Kurang Mampu Bakal Dapat Zakat Dari Baznas

Payakumbuh, --- Dalam waktu dekat ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh bakal  menyalurkan zakat untuk masyarakat di 5 kecamatan. Tak tanggung-tanggung, ada 1000  penerima zakat yang ditargetkan Baznas dari kategori lansia dan warga kurang mampu.

Hal itu dibenarkan Kepala Baznas Kota Payakumbuh, Mismardi pada Kamis (9/5) siang di Kantor Baznas Kota Payakumbuh. "Ada 1000 penerima zakat yang akan disalurkan dalam waktu dekat ini. Yang pasti sebelum Ramadhan ini,"ucap Mismardi.

Penerima zakat tersebut, katanya, merupakan warga yang benar-benar membutuhkan sesuai dengan survey dari tim Baznas Kota Payakumbuh. Kemudian, masing-masing lansia dan warga kurang mampu tersebut mendapatkan Rp 450ribu zakat.

"Penerima zakat ini, kita data dan ditinjau langsung bagaimana kehidupannya. Apabila data penerima ini tidak sesuai dengan kenyataan. Artinya, dari data penerima ini masuk kategori tidak mampu tetapi setelah ditinjau ke lapangan ternyata penerima ini adalah kategori keluarga berkecukupan. Penerima ini bisa dibatalkan,"tegas Mismardi.

Dari 1000 penerima zakat tersebut, terbanyak yakni di Kecamatan Payakumbuh Barat dengan total 330 penerima. Kemudian, Kecamatan Payakumbuh Utara dengan total 254 penerima. Kecamatan Payakumbuh Timur 215 penerima. Kecamatan Lamposi Tigo Nagori sebanyak 121 penerima dan Kecamatan Payakumbuh Selatan sebanyak 80 penerima.

Selain zakat, ucap Mismardi, Baznas juga akan membagikan beasiswa bagi mahasiswa asal Kota Payakumbuh. Setidaknya, ada 150 mahasiwa yang tersebar di 5 kecamatan sebagai calon penerima beasiswa. "Masing-masing mahasiswa, mendapatkan Rp 1 juta beasiswa. Pemberian beasiswa ini, bertujuan untuk mempermudah pendidikan anak. Mudah-mudahan kedepannya bermanfaan,"kata Mismardi lagi. (rel/ul)