Buka ATP V, Mustafa : Madrasah Mesti Punya Nilai Jual

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- MTsN 2 Payakumbuh memiliki lokasi yang sangat strategis, berada di jalan lintas nasional Sumbar - Riau. Selain lokasinya sangat representatif dengan areal yang luasnya sekitar 2 Ha. "Salasai maukia". Untuk itu dibutuhkan sebuah siteplan yang tepat agar tidak terjadi bongkar pasang bangunan yang terkesan mubazir. Sepatutnya madrasah ini sudah menyiapkan program yang spesifik sebagai andalan madrasah. Sinergitas Tri Pusat Pendidikan sangat menentukan, pastinya.

Madrasah mesti punya produk bernilai jual sebagai harapan walimurid. Bisa saja dari segi keagamaan maupun dari sisi olahraga. Karena terkait prestasi PBM, MTsN 2 Payakumbuh tak perlu diragukan lagi, karena tenaga pengajar PNS sudah sertifikasi sebagai guru profesional. Tinggal pikirkan kedepan, program unggulan apa yang akan ditonjolkan, disamping 3 program unggulan madrasah.

Ungkapan tersebut disampaikan Plt. Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Mustafa saat membuka Ajang Temu Prestasi (ATP) ke V MTsN 2 Payakumbuh Tahun 2019, Sabtu (02/03/2019) pagi. 

Hadir dalam pembukaan ATP V ini, Plt. Kasi Pendmad Sri Yusnita didampingi Pengawas Madrasah Khairinas yang disambut sebelumnya oleh Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri bersama Kaur TU Murda Ayudi dan FU. Dt. Tuah Nan Basango dari Pengurus Komite. 

Pembukaan ini juga dihadiri official, pelatih dan peserta ATP V yang di dalam catatan panitia telah mendaftar 30 SD / MI di Luak Limopuluah. 

Lebih lanjut dikatakan Mustafa, bahwa dirinya sangat apresiasi dengan iven ATP yang digelar MTsN 2 Payakumbuh yang terletak di jalan KH Ahmad Dahlan Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) untuk yang kelima kalinya. Mustafa berharap agar ATP dapat meningkatkan silaturahim antar lembaga pendidikan disamping promosi serta perekrutan calon siswa melalui talenta dan kompetensinya.

Sebelumnya, Kepala MTSN 2 Payakumbuh Yenni Fitri melaporkan bahwa ATP tahun ini lebih disempurnakan dibanding tahun sebelumnya. Semua lomba yang digelar berkaitan dengan iven yang kerap digelar di tingkat provinsi dan nasional. Panitia sudah siapkan tropi dan tabanas untuk pemuncak lomba. Dan setiap peserta kita berikan piagam,"

Sementara pengurus komite yang saat itu dihadiri FU. Dt tuah nan basango mengharaokan agar sinergitas yangbsudah terjalin baik selama ini antara pemerintah, MTsN 2 Payakumbuh dan walimurid untuk terus ditingkatkan.

"Mustahil rasanya sukses pendidikan tampa dukungan dan kerjasama. Adapun rencana kedepan adalah bagaimana istilah UNBK tidak diartikan lagi sebagai Ujian Numpang Berbasis Komputer oleh walimurid. Artinya, PR kita bersama adalah pengadaan Komputer dan labornya. Lebih baik kita UNBK secara mandiri. Insyaallah tahun ajaran mendatang kita wujudkan itu,"sebutnya.

Dikatakan FU Dt. Tuah Nan Basango, bahwa setiap tahunnya siswa madrasah mengalami peningkatan. Jadi perlu didukung peningkatan sarpras. Salah satunya menurut FU Dt. Tuah Nan Basango adalah pembangunan asrama bagi siswa.

"Kita akan upayakan membangun asrama siswa, agar siswa kita lebih terkontrol. Terutama siswa yang berasal dari luar kota payakumbuh,"tandasnya.

Usai membuka ATP V tahun 2019, rombongan kepala kankemenag menyempatkan diri menyaksikan serangkaian lomba. Selain itu, rombongan yang didampingi kepaka madrasah ini juga meninjau bazar mandiri yang digelar siswa kelas VII hingga kelas IX.

"Kami mengapresiasi siswa MTsN 2 Payakumbuh yang kaya kreasi. Buktinya dituangkan pada bazar ini. Hebat," puji Mustafa didampingi Kasi Pendmad Sri Yusnita.(ul)