Walikota Ramlan Buka O2SN, Tanamkan Kejujuran Sejak Dini karena Olahraga adalah Sportifitas

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bertempat di Lapangan Atas Ngarai Bukittinggi membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD dan SMP tingkat Kota Bukittinggi 
IMPIANNEWS.COM (Bukit Tinghi). 

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bertempat di Lapangan Atas Ngarai Bukittinggi membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD dan SMP tingkat Kota Bukittinggi yang turut dihadiri oleh Kepala Sekolah dan para guru pembimbing, Rabu (20/2). 

O2SN tingkat Kota Bukittinggi yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 20 sampai tanggal 22 Februari 2019 tersebut diikuti oleh 300 orang peserta yang akan mengikuti 3 jenis cabang olah raga yakni Atletik, Renang dan Bulu Tangkis.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Melfi, mengatakan bahwa O2SN ini merupakan salah satu strategi nation and caracter building atau pembangunan terhadap seluruh potensi yang ada dalam rangka membangun watak bangsa.

“diadakannya O2SN ini adalah rangka mengembangkan bakat dan minat peserta didik, mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa bertanggungjawab, mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuh kembangkan nasionalisme dan cinta tanah air serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik agar prestasi olahraga dan prestasi akademis dapat dicapai dengan baik”, ujarnya

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dengan penyelenggaraan O2SN, karena kegiatan O2SN sebagai bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan  untuk menjaring bibit – bibit atlit berbakat dalam bidang olahraga, untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet daerah, sehingga nantinya diproyeksikan untuk mengikuti ajang – ajang olahraga baik ditingkat lokal maupun internasional.

Ramlan berharap O2SN ini memontum yang tepat dan sangat berharga bagi anak – anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara jujur dan sehat.

“saya berharap sejak dari dini anak – anak diajarkan jujur, sebab olahraga itu mengedepankan sportifitas, jangan diajarkan hal yang tidak benar, jangan berolahraga untuk mencari nama atau hal – hal yang tidak baik lainnya dan jangan cepat berpuas diri dengan yang telah dicapai saat ini,  karena olahraga adalah sportifitas dan kalau itu yang kita tanamkan maka akan lahir atlit-atlit Bukittinggi yang berkualitas”, ungkap Ramlan.

Kemudian Walikota Ramlan juga berharap kepada para Kepala Sekolah agar lebih memperhatikan dengan baik bakat anak – anak dan membina serta mengarahkannya sesuai dengan bakatnya tersebut dan Pemerintah Daerah akan menyiapkan fasilitas untuk itu,  kepada juri juga diingatkan bahwa dalam olahraga tidak ada istilah KKN, kemampuan anak – anak harus dihargai dan jadilah juri yang sesuai dengan protapnya, imbuhnya.

Diakhir sambutannya Ramlan mengatakan, “Pemko Bukittinggi berharap kontingen Kota Bukittinggi nantinya mampu berprestasi pada ajang O2SN yang lebih tinggi lagi baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional, sebagaimana prestasi yang mampu diraih diajang O2SN pada tahun – tahun sebelumnya, diupayakan untuk bisa dipertahankan bahkan ditingkatan lagi”, pungkasnya. (Yal)