Ir. Asnel M.Si, "ASN Tidak Lagi Melayani Atasan, Melainkan Melayani Masyarakt"

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Karakter Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat masih jauh dari standar yang diharapkan. sehingga stigma negatif disandang ASN masih sering terdengar.hal tersebut lebih disebabkan oleh pola pokir negatif yang sudah lama mengkristal dan menjadi kebiasaan.dengan demikian, perlu sebuah formula baru atau inofasi untuk melakukan perubahan dilingkungan kerja ASN itu.

Perubahan yang diharapkan adalah perubahan menjadi Pemerintah yang baik (Good Governance) melalui semangat reformasi birokrasi. Tutur Sekretaris Daerah Kota Padang Ir.Asnel dalam sambutannya pembukaan Workshop peningkatan kapasitas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Padang di Elmida Hotel.Jum'at 21 /12/2018.

Dalam amanat Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017  terkait masalah manajemen ASN. untuk itu diharapkan kepada ASN lebih meningkatkan manajemen serta mampu memperbaiki Pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.aturan ini menempatkan ASN  sebagai profesi yang bebas dari intervensi yang menerapkan sistim karier dan mengutamakan prinsip profesionalisme, memiliki kompetensi, kualifikasi, transparasi, objektif serta bebas dari KKN. Serta  mengedepankan sistim merit menuju terwujudnya birokrasi Pemerintah yang Profesional.

Iya Mengatakan", hendaknya sumber daya aparatur  terus mengalami peningkatan untuk melayani kebutuhan masyarakat semakin berkembang. perlu ditunjang dengan inovasi yang tinggi. ASN juga dituntut untuk beradaptasi ditengah perubahan lingkungan politik, ekonomi, sosial dan teknologi yang begitu pesat.dalam hal ini yang sangat penting adalah peran Pejabat dalam membangun Instansinya.pejabat berkewajiban membangun sikap serta mental yang sehat dalam artian positif, berpikir dan bekerja cerdas, mampu memotifasi, mengarahkan sehingga mampu mempengaruhi staf untuk melakukan tindakan, sesuai dengan tugas yang di emban sehingga tujuan organisasi dapat terwujud.

Asnel berharap kepada pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Padang dengan adanya workshop ini dapat termotivasi serta menunjukan kinerja yang cerdas.mampu mendukung pembangunan Daerah dan mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kota Padang tahun 2019 sampai tahun 2024. Serta merealisasikan program unggulan Pemerintah Kota Padang nantinya. Pada akhirnya Pemerintah mampu memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan sebaiknya pungkas Asnel.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian  dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang Habibul Fuadi melaporkan.maksut dan tujuan dilaksanakan kegitan Workshop untuk meningkatkan kapasitas SKPD di lingkungan Pemerintah  kota Padang.serta menguatkan satuan Visi, obsesi spirit Korps ASN menajadi lebih baik.menyatukan  persepsi kepemimpinan diri SKPD untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Memberikan pembekalan kepada SKPD dalam merumuskan konsep penerapan formulasi budaya kerja untuk mencapai Visi Misi Walikota Padang tahun 2019 sampai dengan 2024.

Jumlah peserta yang mengikuti workshop 52 orang merupakan kepala SKPD Pemerintah Kota Padang. Kegiatan workshop peningkatan kapasitas SKPD kota Padang dilaksanakan selama dua hari bertempat di Imelda Hotel Waterpark Padang limau manis Selatan Kecamatan Pauh Padang kata Habibul. (ytd)