Sampai Telat Makan Siang, Kompol Rusirwan Terjun Langsung Urai Kemacetan

Kapolsek Kota Payakumbuh, Kompol Rusirwan
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Kemacetan arus lalu lintas pra dan pasca lebaran untuk Kota Payakumbuh yang merupakan wilayah hukum Polres Payakumbuh, khususnya untuk wilayah kerja Polsekta Payakumbuh yang saat ini dipimpin Kompol Rusirwan. Selain menurunkan personil polisi di jajaran Polsekta Payakumbuh, Pamen Senior di Polres Payakumbuh ini ikut turun tangan langsung mengatur dan mengurai kemacetan arus lalu lintas di Kota Payakumbuh, dengan penuh stategi dan perhitungan. 

Untuk menciptakan situasi aman dan kondusif, Kompol Rusirwan dengan penuh keramahan menyapa para pemudik di tengah kemacetan. Dalam melaksanakan tugas kenegaraannya mengayomi masyarakat, Kompol Rusirwan sampai telat makan siang.

Terlihat disalah satu titik yang terbilang lokasi macet, yaitunya di seputaran warna warni batas kota daerah Tanjung Enau Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS), pada Ahad (17/06/2018) dikala arus mudik masih terlihat masih ramai memasuki Kota Payakumbuh, meskipun sebagian pemudik juga terlihat sudah balik. Daerah Tanjung Enau ini merupakan salah satu titik kemacetan di Kota Payakumbuh, selain jalur lintas sumatera, di lokasi ini juga tempat pertemuan kenderaan dari 2 persimpangan jalur bypass, yaitu Tanjung Enau - Payobasung dan Tanjung Enau - Simpang Parit. Selain rumah warga, lokasi ini juga ramai dengan rumah makan dan pondok - pondok kuliner khas Payakumbuh.

" Ayo maju, rapat terus, bersabar dan hati-hati. Jangan lupa ibadah, jangan lupa istirahat kalau lelah, jangan lupa makan. Itulah lisan yang kerap diucapkan Kompol Rusirwan kepada pengendara saat berada ditengah kemacetan arus mudik di seputaran daerah ini bersama Kanit Regiden Polres Payakumbuh, Rama Prawira dan disertai beberapa personil awak media.

Saking fokus melaksanakan tugas mengatur arus lalu lintas, sekira pukul 15.00 WIB Ahad itu, Kompol Rusirwan meminta salah seorang awak media untuk dibelikan nasi. 

" Belum makan siang Ayah (panggilan akrab Kompol Rusirwan yang hobi olahraga trabas), ini udah telat," tanya kami kala itu.

" Ya, begitulah. Terkadang saking fokus jadi sampai lupa hal itu. Ini adalah kondisi dimana polisi harus tetap berada di tengah warga dalam tugasnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman, khususnya dalam kondisi saat ini," jawab singkat Ayah sambil pamit menuju PAM Lebaran di seputran warna warni.

Itulah yang sangat kami apresiasi dan tak terlupakan sore itu. Tidak hanya itu, pada Senin siang (18/06/2018), kembali Kapolsek Payakumbuh Kompol Rusirwan terekam media sedang bertolak menuju titik macet menggunakan motor trabas sekira pukul 16.09 WIB diseputaran daerah Tanjung Enau, kondisi hujan rinai warnai Kota Payakumbuh sore itu. 

" Tetap hati-hati dan jangan menyalip. Kenderaan roda dua agar mengambil jalur kiri," imbau Kompol Rusirwan kepada pengendara.

Tidak ingin terlalu lama terlibat dalam kemacetan, sebagian pemudik yang mayoritas kendarai mobil dan roda 2 berseri BM putuskan untuk istirahat di beberapa lokasi. Tampak di Mesjid Arsyad Nan Kodok, di mesjid dan mushalla serta pondok sanjai di Payolinyam juga terlihat pemudik rehat dan tidur sejenak. Mereka memutuskan untuk melanjutkan perjalanan tengah malam, secara konvoi.

Tampak di lokasi kemacetan arus mudik seputara PAM Lebaran warna warni daerah Tanjung Enau Kelurahan OTS, Kasat Lantas Polres Payakumbuh, Yudi Satria bersama Kanit Regiden Rama Prawira, Ka PAM, Rudi bersama tim serta personil lantas Polres Payakumbuh.(ul)