Tas Mencurigakan ternyata Berisi Kain

Puluhan warga Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat digegerkan dengan penemuan dua buah tas
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Puluhan warga Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat digegerkan dengan penemuan dua buah tas jenis ransel dihalaman seorang warga bernama Tasman (60), penemuan dua tas berwarna hitam dan abu-abu tersebut pertama kali ditemukan Tasman yang juga pengurus Mesjid Istiqomah itu pada Rabu 4 April 2018 sekitar pukul 08.00 Wib. 

Curiga dengan tas yang terletak di bawah pohon itu, Tasman menghubungi anggota Bhabinkamtibmas untuk wilayah Bulakan, tak berselang lama Bripka. Rizqi. K yang menerima panggilan tersebut mendatangi lokasi dimaksud, ia juga menghubungi Kapolsekta Payakumbuh, Kompol. Russirwan yang merupakan pimpinannya di Polsekta yang berada di Kawasan Kaniang Bukik Payakumbuh Utara.

Sejumlah warga yang mendengar informasi tersebut berdatangan ke rumah Tasman yang hanya berjarak beberapa meter dari Mesjid Istiqomah itu. Selain itu, Kapolres Payakumbuh, AKBP. Endrasetiawan Setyowibowo, Kabag Ops. Kompol. Basrial serta Kapolsekta Payakumbuh, Kompol. Russirwan serta sejumlah anggota Polisi dan Tim Identifikasi Polres Payakumbuh juga datang ke Lokasi.

Dari hasil pemeriksaan petugas, dua Tas yang belum diketahui siapa pemiliknya itu berisi pakaian pria dan wanita serta sejumlah barang lainnya. Untuk membuka tas tersebut, anggota Identifikasi menggunakan kayu yang dipasang kawat.

” Tadi kita mendapat informasi dari warga terkait dua buah tas yang mencurigakan. Namun setelah kita periksa dua buah tas tersebut berisi pakaian dan sejumlah barang lainnya. Kita berterima kasih kepada warga atas informasi yang diberikan.” sebut AKBP. Endrasetiawan di lokasi penemuan tas itu.

Perwira Polisi asal Kabupaten Salatiga itu juga meminta warga untuk tetap berhati-hati jika menemukan atau mendapati ada benda/barang barang mencurigakan.

” Jika ada menemukan atau mendapati benda benda mencurigakan, sebaiknya warga melapor ke Polisi, sehingga tidak terjadi hal-hal yang mungkin akan merugikan warga.” ujarnya.

Dari pantauan dilokasi, atas penemuan dua buah tas tersebut, Puluhan warga mendatangi rumah Tasman, bahkan tim Identifikasi juga memasang Garis Polisi / Polisi disekitar lokasi penemuan tas itu. 

Sementara itu, Pemilik rumah Tasman yang juga ketua pengurus Mesjid Istiqamah kelurahan Bulakan Balai kandi menerangkan, " kami secara pribadi sempat kaget dan takut, saat kami menemukan benda mencurigakan berupa 2 tas di bawah bunga. Saya coba tanya kepada tetangga, namun mereka bilang tidak tau menahu tentang tas tersebut. Atas hal itu, kami mencoba menghubungi Bhabinkantibmas Pak Riski dan pak RT, Dayat. Selanjutnyamerekalah yang mengurus benda tersebut bersama pihak kepolisian lainnya. Kami sangat takut kalau seandainya itu bom, ya habislah kami termasuk mesjid yang kita cintai ini. Saya pun segera menelpon anak," jelas Tasman siang itu kepada wartawan.

Ditambahkan bhabinkantibmas, Kapolres Payakumbuh, kabag Ops, kasat intel beserta kapolsekta Payakumbuh hadir di TKP penemuan barang mencurigakan ini, bersama tim terpadu. Informasi terakhir yangdapatkan, tas itu hanya berisi kain dan baju," pungkas Bripka Riski.(ul)