Server Disambar Petir, UNBK di MAN 3 Payakumbuh Sempat Molor

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh--Hujan lebat yang mengguyuri Kota Payakumbuh sejak semalam membawa musibah terhadap pelaksanaan UNBK di MAN 3 Payakumbuh. Pasalnya server dan model di sekretariat ujian disambar petir sekitar pukul 04.30 pada Rabu (11/04/2018) shubuh. Akibat musibah ini, pelaksanaan ujian sempat molor hingga pukul 10.00 WIB. 

Kondisi ini sempat disaksikan langsung Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar Artis Arjun saat melakukan monev UNBK di madrasah aliyah ini. Hadir di MAN 3 Payakumbuh mendampingi Kabid Pendmad adalah Kepala kankemenag Asra Faber bersama Kasi Penmad Darius dan Kepala MAN 3 Payakumbuh, Marni yang didampingi Kaur TU Nurfaisal dan panitia UNBK.

Kondisi ini dibenarkan Kepala Kankemenag melalui Kasi Pendmad, Darius saat kami komfirmasi diruang kerjanya setelah pelaksanaan monev.

" Benar, Server dan model pada sekretariat UNBK mandiri MAN 3 Payakumbuh tersambar petir pada shubuh tadi. Keadaan ini membuat ujian sempat diundur, shift I diundur menjadi shift II, sehingga shift II diundur pada shift III. Di MAN 3 Payakumbuh sendiri dengan jumlah siswa kelas XII yang hanya 43 orang, hanya laksanakan 2 shift saja, namun kondisi yang membuat ujian ini mesti diundur. Setelah mendatangkan teknisi dan pengadaan fasilitas, ujian kembali berjalan lancar sebagaimana mestinya. Keadaan ini sudah diketahui langsung Pak Kabid, tadi. Dan Kabid Pendmad memerintahkan panitia untuk membuat berita acara," terang Darius.
Diulasnya, "Usai meninjau kondisi dan situasi UNBK di MAN 3 Payakumbuh, Kabid Pendmad juga meninjau pelaksaanaan UNBK mandiri di MAN 2 Payakumbuh. Kabid juga meninjau UNBK MAN 1 Payakumbuh yang numpang di SMKN 4 Payakumbuh. Siang ini siswa mengikuti UNBK denganmapel Bahasa Inggris dengan sistem pengawas silang," tukuk Darius.

Kondisi yang kita lihat dilapangan senada dengan ungkapan Kasi Pendmad Darius. Didampingi Kepala MAN 3 Payakumbuh, sekitar pukul 14.00 siang, kami mencoba melihat langsung kondisi server dan modem yang disambar petir di sekretriat UNBK.

" Sebanyak 2 server dan model kita disambar petir. Alhamdulillah, kesulitan dapat kita jalani dengan baik, berkat bantuan teknisi yang sengaja kita hadirkan. Semua siswa dapat mengikuti ujian dengan baik, walau sempat ditunda. Terima kasih atas bantuan dan doa, semua pihak termasuk pengawas yang sudah bersabar menunggu perbaikan. Kami juga sampaikan mohon maaf, atas kekurang nyamanan ini," sebut Marni, Kepala MAN 3 Payakumbuh.

Hingga berita ini kami turunkan, cuaca di Kota Payakumbuh masih diselimuti hujan.ul