Pusara 5 Meter, "Inyiak Tambo " di Sirambau Kinali

Pusara Inyiak Tambo, Panjang 5 Meter
Di Kampung Sirambau, Minggu (8/4).
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Pusara inyiak tambo  yang panjangnya sekitar 5 meter terletak di daerah sirambau  Kinali Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat.

Inyiak Tambo  salah seorang yang disegani di masa lalu sebelum ada tengku imam Bonjol pusara ini sudah ada di katakan inyiak sholeh di warung ikan larangan di  Sirambau.

Inyiak Tambo, tentang sejarahnya kurang di publikasikan ke publik, sehingga kehadiran pusaranya yang panjang lima meter banyak tidak di ketahui umum; ini harus menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Daerah  ini dapat di jadikan lokasi  Objek wisata yang sangat menarik karena ada nilai sejarahnya yang harus  di gali kembali.

Apalagi tentang sejarah inyiak Tambo yang kuburannya panjang lebih kurang 5 meter,  sekitar 15 meter ke utara di temui Banda penuh berisi ikan larangan, sekitar 10 meter ke selatan berada masjid yang besar terletak di kampung Sirambau Kinali.

Inyiak Tambo, dahulunya menurut cerita seseorang, orang yang sakti sampai kini orang tak mampu memindahkan pusaranya, kalau ada orang yang ingin  memindahkan pusara  niscaya orang itu akan celaka dan sakit, Sebut inyiak sholeh.

Inyiak shaleh, kedepannya berharap agar lokasi ini hendaknya harus di jaga dan di pelihara serta dapat perhatian khusus dari pemerintah, harapnya. (tf)