Diujung Tugas di SMPN 1 Payakumbuh, Ummi Desfiwati Tinggalkan Prestasi

Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Desfiwati
bersama Guru Pembimbing, Fatlina
dan 2 siswa utusan OSN
(foto by Ummi
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Selama 1 tahun 4 bulan, Desfiwati memimpin SMPN 1 Payakumbuh, keluarga besar sekolah lanjutan tingkat pertama yang terbilang tua di Payakumbuh ini tampil dengan berbagai prestasi mengharumkan nama daerah di tingkat provinsi dan nasional. Bahkan diujung masa tugasnya di sekolah yang berada di pusat Kota Payakumbuh, Desfiwati yang akrab disapa Ummi ini, masih meninggalkan hal positif bagi civitas dan kota Payakumbuh. Setelah dilantik sebeleumnya pada Rabu (28/03/2018) lalu, Walikota Payakumbuh melalui Sekdako telah melakukan rotasi dan mutasi 217 pejabat di jajaran pemko Payakumbuh. Untuk selanjutnya Ummi dipercayai pemerintah untuk memajukan SMPN 2 Payakumbuh sebagai layaknya prestasi yang telah ditaburnya di SMPN 1 Payakumbuh.

Diujung bulan Maret, Sabtu (31/03/2018), Ummi yang kita dijumpai di ruang kerjanya, menyebutkan bahwa rotasi dan mutasi adalah pakaiannya ASN.

" Mutasi dan rotasi adalah sebuah yang wajib kita jalani sebagai PNS atau ASN kini namanya. Intinya, bagaimana kita dapat menjalankan amanah pimpinan dengan maksimal sehingga prestasi kerja secara kebersamaan dapat kita jalankan. Kita sangat bahagia dan bangga dengan semangat kekeluargaan, semangat ini berubah ke arah yang lebih baik. Kita sangat anti saat kita dibilang 1:0. Ungkapan ini menjadi cambuk bagi kami untuk menjadi terbaik. Terhitung setelah pelantikan, kami akan beralih tugas  ke SMPN 2 Payakumbuh. Mohon doa dan suppor, sehingga prestasi disini dapat kami lanjutkan di sekolah baru. Termasuk supor media, mohon espos selalu kebaikan lembaga pendidikan, kalau ada kekhilafan, tolong tegur kami," ungkap Ummi disela persiapan serah terima tugas senin mendatang.

Dilanjutkannya, "Semangat maju bersama patut kami apresiasi, hari Sabtu dan Ahad sekolah tetap ramai oleh siswa dan mejlis guru. Ini bukti semangat tidak mau melalaikan tugas. Tugas selesai pada waktunya, kalau tidak tuntas, kita lembur bersama. SPMN 1 Payakumbuh berhasil mendongkrak nilai UN, dari peringkat 17 provinsi ke tingkat 5 provinsi. 

Selama memimpin SMPN 1 Payakumbuh, secara bersama-sama sekolah ini dipercayai sebagai sekolah rujukan pendidikan nasional, sekolah rujukan PAI nasional. Tidak hanya itu, SMPN 1 Payakumbuh juga menjadi finalis Nasional lomba managemen tata kelola Sekolah tahun 2017, piagam langsung diterima Ummi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi. Sekolah ini juga diamanahi Kemendikbud sebagai Sekolah Kelas Olahraga. Selain dipercayai sebagai pilot project Gema Seniman Masuk Sekolah (GSMS), SMPN 1 Payakumbuh juga wakili Sumbar pada O2SN cabang renang, berhasil meraih medali perunggu. 

Dimanapun kita bertugas, kita harus meninggalkan kebaikan, buat apa lama berdinas kalau tidak akan ada kenangan baik. Lihatlah, semua lingkungan terlihat asri. Air tergenang kita sulap menjadi 2 buah kolam ikan, dan dapat mempercantik keindahan sekolah, " terang canda Ummi Desfiwati

Diujung masanya menjabat, Ummi Desfiwati atas nama SMPN 1 Payakumbuh telah berhasil mengutus salah seorang guru mapel IPA, Gusti Ampera dalam OGN tingkat provinsi Sumbar dan telah dilepas Kepala dinas pendidikan pada Rabu (28/03/2018) lalu. Belum lama ini, kita juga melepas 2 siswa mengikuti diklat di Razaki Hotel, yakni Habibullah Hendri (kelas VII.5) dan Rifka Khairunnisa Amako (kelas VIII.3). Keduanya adalah wakil Payakumbuh untu OSN tingkat Sumatera Barat tanggal 21 april 2018, mendatang.

"Kami pesankan kepada semua rekan kerja, jagalah selalu kekompakan, siapapun pemimpin harus kita patuhi. Bersama meraih sukses dan ridho Allah. Dan yang sedang dipercaya sebagai wakil daerah, tingkatkan kompetensi, bagaimana kita bisa menjadi terbaik dari yang baik. jaga koneksi dan koordinasi dengan semua pihak, walimurid, komite termasuk dengan media publikasi," pesan terakhir Ummi kala itu.ul