Di Payakumbuh, Perayaan Khatam Al Quran di Jam Sekolah

Perayaan Khatam Al Quran di SDN 17 Payakumbuh
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Tradisi khatam al quran di kota Payakumbuh yang memanfaatkan jam sekolah merupakan suatu kebijakan yang sudah berjalan lama. Kebijakan yang bertujuan untuk melestarikan ABS/ABK ini merupakan bukti kongrit kebersamaan antara pemerintah, tokoh adama dan kerapatan adat. Sebagaimana dengan perayaan khatam yang dilaksanakan masyarakat di 2 kelurahan yang berbeda,hari ini Senin (02/04/2018) yang dihadiri langsung Pemko Payakumbuh dan Kepala kementerian agama. Kedua lokasi tersebut adalah di SDN 17 Payakumbuh Kec. Payakumbuh Utara dan di TPQ Mesjid Istiqlal Kelurahan Labuah Basilang Kec. Payakumbuh Barat.

SDN 17 Payakumbuh khatam 71 santri
Bertempat di SDN 17 Payakumbuh, Kepala kankemenag Asra Faber yang hadir bersama Kasi PAIS Sri Yusnita serta Pengawas PAI SD, Khairani. Pada momen bersamaan juga tampak hadir Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra, Ul Fakhri yang hadir bersama Kadiknas AH. Agustion dan Camat Payakumbuh Utara, Nofriwandi beserta ratusan undangan lainnya.

Kepala SDN 17 Payakumbuh, Eliwarnis dalam laporannya menyebutkan, bahwa SDN 17 payakumbuh berupaya selalu mengadakan perayaan khatam al quran setiap setahun sekali.

" Tahun ini SDN 71 Payakumbuh mengkhatam al quran sebanyak 46 siswa dan 25 orang siswa wisuda iqra'. Kita berupaya agar setiap tahunnya dapat mengkhatam al quran siswa, karena untuk masuk SLTP sederajat calon siswa sudah paham tulis baca al quran. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama semua unsur, unsur lenbaga pendidikan, masyarakat, komite dan donatur. Terima kasih atas sumbangsihnya," lapor Eliwarnis.

Sementara itu, Kepala kankemenag, Asra Faber dalam sambutannnya menyampaikan apresiasi dengan keluarga besar SDN 17 Payakumbuh.

" Tidak berapa sekolah yang melaksanakan program khatam siswanya di sekolah, seingat kami SDN 04 Payakumbuh dan SDN kita ini. Kegiatan ini nukanlah sebuah bentuk persaingan dengan TPQ, kita sangat apresiasi hal ini. Kita harapkan peran aktif Guru PAI, karena ini adalah kita. SElain itu kekompakan antara pemerintah, tokoh adat dan tokoh agama  sangat baik, 3 tungku sajarangan berfungsi baik. Untuk itu kepada para santri kami harapkan agar melanjutkan pembelajaran al qurannya, karena ini baru awal bisa membaca. Para siswa silahkan lanjutkan dengan banyak metode lainnya. Semoga semangat memdalami al quran dapat membentengi siswa kita dan kita semua dari tantangan zaman yang semakin mengkhawatirkan. Jangan rusak wajah cantik dan tampan ananda semua dengan narkoba. Mari dekatkan diri kepada Allah SWT," pesan Asra Faber.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Kabag Kesra, Ul Fakhri juga menuturkan hal senada. " Pemko Payakumbuh telah memfasilitasi semua bentuk kegiatan keagamaan yang ditunjang langsung dengan APBD. Setiap kecamatan telah kita siapkan pondok al quran, mari kepada siswa SDN 17 Payakumbuh yang sudah ikut khatam hari ini, manfaatkanlah dan maksimalkanlah fasilitas tersebut. Kami juga menekankan kepada siswa serta walimurid yang hadir, awasi anak-anak kita dari pengunaan lem yang sedang merambah dunia pendidikan. Pengorbanan kita untuk membesarkan anak serta mendidik jangan jadi sia-sia, apabila generasi kita terjerumus arus lingkungan yang membawa faktor negatif. Serta mari kembali kita ramaikan mesjid, kita jadikan mesjid sebagai sumber kekuatan," himbau Ul Fakhri.

Pelaksanaan perayaan khatam al quran di SDN 17 Payakumbuh ini sebelumnya sudah diawali dengan proses basimak, gotong royong bersama dan pada hari puncak dilaksanakan pawai ta'ruf dan resepsi.ul