Siswa MAN 2 Payakumbuh Terpilih Sebagai Duta Budaya Payakumbuh 2018

Pemilihan Duta Budaya Kota Payakumbuh 2018
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Suasana suka cita warnai keluarga besar kankemenag kota Payakumbuh setelah mendengar ada salah seorang siswa madrasah yang tampil sebagai Juara I Pemilihan Duta Budaya " Rang Mudo tahun 2018 " Tingkat Kota Payakumbuh.

Duta Budaya “Rang Mudo” Kota Payakumbuh,  Rahmat Hidayat siswa MAN 2 Payakumbuh, sukses menjadi Duta Budaya Kota Payakumbuh, setelah mengikuti serangkaian seleksi Pemilihan Duta Budaya Minang Kota Payakumbuh yang berlangsung selama dua  hari, dari 26 s/d. 27 Maret 2018 di aula Bundo Kanduang Hotel.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya lokal kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir generasi muda yang memahami dan mencintai adat istiadatnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman, M.Si, di aula pemilihan duta, Selasa (27/03/2018), menuturkan, Rahmat Hidayat adalah duta budaya Kota Payakumbuh 2018, yang disebut dengan istilah “Rang Mudo”, berdasarkan seleksi yang diadakan Dinas Parpora Kota Payakumbuh.

Ia menambahkan, dalam ajang ini, Siswa MAN 2 Payakumbuh itu, terpilih sebagai Duta Budaya Minang Kota Payakumbuh 2018 setelah menyisihkan 29 peserta lainnya.
Masih menurutnya, rang mudo Kota Payakumbuh tersebut memang multi talenta. Selain menguasai keterampilan “Pasambahan” dan berpantun, Siswa MAN 2 Payakumbuh itu juga mahir dalam membaca Al-Qur;an, berdendang, silat dan randai.

Mendengar info ini, Kepala kankemenag, Asra Faber sampaikan selamat dan apresiasi untuk Rahmat dan keluarga besar MAN 2 Payakumbuh.

"Ini adalah bentuk sinergitas kita pada dunia pendidikan di Kota Payakumbuh, semua lini diikutsertakan. Selamat untuk Rahmad, semoga bisa mengemban amanah dan mengharumkan nama Payakumbuh di nasional, kapan perlu hingga ke internasional. Perkenalkanlah pada dunia, bahwa inilah Payakumbuh Sumatera Barat. Inilah Indonesia yang kaya dengan keberagaman. Selain itu kami juga menghimbau Kepala MAn 2 payakumbuh agar memberikan luang dan fasilitas untuk Rahmad dalam rangka mengharumkan dan mengangkat citra daerah," beber Asra Faber, Rabu (28/03/2018)

Pada kesempatan lain, Rahmat Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang telah memberikan kepercayaan padanya.
“Saya bersyukur dan berterima kasih pada jajaran Pemerintah Kota Payakumbuh atas kepercayaan ini,” ungkapnya.

Rahmat mengaku sangat senang mengikuti ajang ini, karena  selain mendapatkan teman baru, juga saling berbagi pengalaman dengan peserta lain. Apalagi keakraban dan solidaritas yang terbangun selama seleksi, menambah kebahagiaan di hatinya.

Ia menambahkan, sebagai duta budaya Kota Payakumbuh, ia akan berkoordinasi dengan rekan-rekan lainya untuk  mensosialisasikan nilai-nilai budaya Minangkabau. Tujuannya adalah untuk mengembalikan dan mengimplementasikan nilai “Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS-ABK)” di kalangan generasi muda Minang Sumbar.

Sebagai rang mudo Kota Payakumbuh, ia akan bersosialisasi ke sekolah-sekolah dalam kerangka memperkenalkan budaya asli Kota Payakumbuh, antara lain mengenalkan lambang kota dan mempromosikan aneka kesenian tradisional, seperti randai dan silek. Selanjutnya, saya akan berusaha menjadi teladan bagi masyarakat dalam bertingkah laku, sesuai tuntutan adat Minangkabau.

“Selain mempromosikan nilai-nilai budaya, seorang duta budaya juga dituntut menjadi figur sebagai cerminan karakter orang Minang sejatinya, jelasnya.ul