Remaja Pasaman Belajar Rahasia Nikah



Kepala Seksi Bimas Islam Drs. Edy Ridwan menyampaikan program prioritas itu adalah belajar rahasia nikah (Berkah) 
IMPIANNEWS.COM (Pasaman).

Satu program prioritas Kementerian Agama digelar di Kabupaten Pasaman Selasa (27/3) di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman.

Kepala Seksi Bimas Islam Drs. Edy Ridwan menyampaikan program prioritas itu adalah belajar rahasia nikah (Berkah) yang dibalut dengan kegiatan bimbingan perkawinan yang diikuti sebanyak 40 remaja usia nikah se kabupaten.

Edy mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan bimbingan atau pembinaan terhadap calon pengantin ataupun para remaja usia nikah tentang hukum-hukum perkawinan, baik undang-undang nomor 1 tahun 1974 juga syariat Islam.

Kegiatan ini juga bertujuan agar terwujudnya kehidupan rumah tangga yang diidam-idamkan sebagaimana tema mempersiapkan bekal diri, siap mengikat cinta suci dan meraih rumah tangga yang lestari atau rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan rahmah.

Setelah dibuka resmi olehnya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq mengatakan kegiatan bimbingan perkawinan bagi catin dan remaja usia nikah ini sangat bernilai manfaat karena peserta bisa belajar rahasia nikah alias Berkah.

Katanya, Berkah merupakan salah satu program prioritas Kemenag dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada publik seputar pernikahan.

Lebih lanjut, Abdel Haq menerangkan perlunya para calon pengantin dan remaja usia nikah memahami persoalan pernikahan untuk mempersiapkan dirinya secara matang dan membekali ilmu bagaimana mengarungi dan membina mahligai rumah tangga sesuai syariat Islam.

Apalagi jelas Abdel Haq, di dalam undang-undang perkawinan bertujuan untuk terwujudnya rumah tangga yang kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Selain itu, bimbingan atau berkah ini merupakan langkah atau program untuk menguatkan pondasi rumah tangga dan ikhtiar pemerintah untuk menurunkan angka perceraian

“Semoga mampu menyiapkan catin yang hebat dan berkualitas dunia akhirat”, pungkasnya. (suf78)