Henny Riza Falepi : Tularkan Semangat Dasawisma pada Rumah Tangga

Ketua TP PKK Ny. Henny Riza Falepi tandatangani MoU
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh--Pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma Ke VI pada tahun 2018 oleh Walikota Payakumbuh diwakili Sekdako, Benni Warlis di lapangan Sari Bulan Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan pada Rabu (21/03/2018) berlangsung meriah, kerana dirangkai dengan berbagai lomba dan penandatanganan MoU. Pencanangan ini dihadiri Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam, Ketua TP PKK, Ny. Henny Riza Falepi, Ketua GOW, Ny. Magdalena Erwin Yunaz, Kadinkes, Elzadaswarman, Kadis Ketapang, Wal Asri, Kepala Dinas DP3AP2KB, Syahnadel Khairi bersama beberapa pimpinan OPD, Kepala kankemenag, Camat dan Lurah serta para Pengurus PKK dan Dasawisama kecamatan dan kelurahan se Kota Payakumbuh. Bertindak sebaga ketua Panitia, Erma yunita.

Dalam laporannya, Ketua dasawisma Ny. Magdalena Erwin Yunaz terlaksananya program dasawisma berdasar pada Permendagri No. 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui PKK dengan melaksanakan kegiatan 10 Program Pokok PKK. Pelaksanaan dasawisma ini berkoordinasi dengan semua unsur dan OPD yang ada di Pemko Payakumbuh.

" Pencanangan bulan bakti dasawisma ini akan dirangkai dengan berbagai lomba dan penandatanganan MoU dalam rangka memeriahkan hari sampah nasional dan MoU IVA Test dengan Dinkes," lapor Magdalena.

Sampaikan sambutan, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi sebutkan tema Bulan Bakti Dasa Wisma tahun ini adalah, Sehat Keluarga Ku, Bersih Lingkungan Ku,".

"Luar biasa ibu-ibu anggota dasawisma, dari tahun ketahun semakin kreatid, maju dan bersemangat. Memang itulah yang kita harapkan, sebab dasa wisma merupakan ujung tombak segala kegiatan PKK di kelurahan. "Kita terus gerakkan HATINYA (Halaman Asri, Tertib, Indah dan Nyaman) PKK berupa pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman produktif seperti sayur, buah, bunga dan lain lain dengan istilah TAGADA, sehingga bisa menopang ekonomi keluarga. Untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, kami mohonkan kerjasama semua unsur dan pimpinan OPD. Kita juga berharap, semangat penghargaan Adipura dan Dasawisma ini dapat mewabah hingga ke tingkat rumah tangga, lahirkan inovasi dan kreasi meskipun pekarangan kita pas-pasan. Intinya, bagaimana kita bisa menghadirkan dasawisma dalam rumah tangga," pesan Henny. 

Sementara, Sekda Kota Payakumbuh, Benni Warlis mewakili Walikota dalam sambutan pembukaan mengajak kader kader dasa wisma untuk berbuat nyata dalam rangka membantu kesejahteraan keluarga. 

"Dasa wisma harus memulai dan menunjukkan keteladanan dalam pemberdayaan pekarangan. Pertumbuhan itu mustahil tanpa ada yang tumbuh. Tumbuh itu harus dimulai dari menyemai, menanam, memelihara dan baru dia tumbuh, tanpa dimulai dari menyemai maka dia tidak akan pernah tumbuh," ujar Sekda Benny Warlis.

Ditambahkan, "Oleh karena itu mari kita mulai dari diri dan lingkungan sendiri, mudah mudahan dengan aktifnya kelompok dasa wisma kita, maka kesejahteraan warga Kota Payakumbuh akan meningkat dengan sendirinya," pungkas Benny Warlis.

Pencanangan bulan bakti dasawisma ke VI ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Payakumbuh dan disaksikan seluruh undangan dan peserta lomba. Kegiatan juga dilanjutkan denganpenandatanganan MoU dan penyerahan bantuan untuk kelompok dasawisma berprestasi.

Kegiatan lomba dasawisma yang berlangsung sehari penuh ini didampingi langsung Ketua TP PKK Ny. Henny Riza Falepi bersama Ketua Dasa wisma Ny. Magdalena Erwin Yunaz bersama panitia lomba. 

Kec. Latina Tampil Juara Umum
Berikut pemenang lomba, Lomba yel-yel Juara I diraih Kec. Latina,  Juara II Kec. Payakumbuh Timur. Lomba stand pameran, Juara I Dasa wisma Melati Putih 8 Kel. Talang,  Juara II dasa wisma Melati 7 Kel. Koto Panjang Padang, Juara III Dahlia Kemuning 11 Kel Sawah Padang Aur Kuning. Lomba CC, Juara I Kec. Payakumbuh Selatan,  Juara II dan III Kec. payakumbuh Utara. Lomba pesan berantai, juara I Kec. Payakumbuh Selatan,  Juara II Kec. Latina dan Juara III ganda Barat dan utara. Lomba tangkelek panjang,  Juara I Kec. Latina,  Juara II Kec. Payakumbuh Utara dan Juara III Kec. Payakumbuh Selatan. Lomba joget balon Juara I Kec. Latina,  juara II Payakumbuh Utara dan Juara III Kec. payakumbuh Selatan. Tampil sebagai Juara umum diraih oleh PKK Kec. Latina.ul