Forum OPD Payakumbuh Pertajam Renja Pendidikan Karakter dan Akhlak Mulia

Forum OPD diawali dengan
menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh--Dalam rangka mempertajam rencana kerja 2019 terkait program pendidikan karakter dan akhlak mulia yang telah berjalan sejak tahun 2016, Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan menggelar Rapat Koordinasi Forum OPD di aula dinas Senin (12/03/2018). Rapat yang diikuti pejabat internal jajaran dinas pendidikan bersama 33 OPD terkait. dibuka resmi Kepala Dinas Pendidikan, AH Agustion didampingi Kepala kankemenag, Asra Faber dan beberapa Kabid.
Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Forum OPD, Dasril menyebutkan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan atas dasar surat dari Sekretaris Daerah Nomor 053/378/Pem-PYK/2018 sebagai tindak lanjut Permendagri Nomor 86 tahun 2017 yang diimplementasikan pada Perda No.1 Tahun 2017.
Sementara itu, Kepala Kankemenag Asra Faber menyambut baik dilaksanakannya rapat kordinasi Forum OPD terkait penyelenggaraan pendidikan karakter dan akhlak mulia. Terima kasih untuk Pemko Payakumbuh yang telah melibatkan Kankemenag, dan memang sudah semestinya karena jajaran Kankemenag juga mengelola pendidikan dalam rangka mendukung program kerja Kota Payakumbuh.
“Kami apresiasi sekali dengan koordinasi yang berjalan berjalan baik, sehinggganya banyak sekolah dan madrasah kita Payakumbuh yang prestasinya sudah menasional. Pembentukan pendidikan karakter dan akhlak mulia sangat ditunjang dengan performance sekolah/madrasah, management sekolah, management sarpras SDM guru sehingga endingnya murid lulus dengan nilai baik, berkarakter dan berakhlak mulia. Di Kementerian Agama sendiri terdapat 3 seksi yang mengelola pendidikan formal dan informal yang selalu berkoordinasi aktif dengan OPD terkait di Pemko”, sebut Asra Faber.
Ditambahkannnya, bersama dinas pendidikan kita berencana canangkan Payakumbuh sebagai Kota Penyelenggara Pendidikan Karakter Islam pertama di Indonesia pada tanggal 2 Mei 2018 pada momen Hardiknas 2018. Semoga apa yang kita buat di Payakumbuh insyaallah sudah mulai di contoh daerah lain. Ini merupakan ladang amal bagi kita untuk kita jalankan bersama. 
Membuka rakor Forum OPD pendidikan karakter dan akhlak mulia, Kadiknas AH Agustion menyampaikan terima kasih kepada unsur OPD terkait yang telah sukseskan program. "Secara berjenjang kita telah akomodir usulan terkait pendidikan melalui musrenbang.
“Kita berharap dari forum ini akan dipertajam dan melahirkan sebuah mufakat yang akan kita jadikan Renja (rencana kerja) prioritas 2019 dalam rangka percepatan pembangunan sebagai pendukung visi misi kepala daerah periode ke II yang sejalan dengan Nawacita. Selama ini kerjasama kita semua unsur pendidikan berupaya meminimalisir degradasi moral. Dan upaya ini akan kita terus jalankan sebagai perwujudan ABS / ABK sebagaimana yang tercantum pada misi kepala daerah nomor 1 dan 5”, ungkap Agustion
Dilanjutkannya dengan penampilan slide, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berSDM, berkarakter dan berakhlak mulia, Dinas Pendidikan kemudian menitik beratkan pada Peningkatan kualitas layanan pendidikan dan Peningkatan kualitas pendidikan disamping tupoksi lainnya, baik administrasi dan pelayanan publik.
Kepala Bappeda yang kesempatan itu dihadiri Kasi Pemerintahan, Wawan Safianti yang hadir bersama seorang rekannya pesankan bahwa program pendidikan karakter dan akhlak mulia ini mesti dipertajam lagi sebagaimana diatur pada PP No. 2 Tahun 2018 tentang standar layanan minimal. 
"Renja Pendidikan karakter dan akhlak mulia mesti dipertajam dengan mencantumkan indikator-indikator yang jelas serta mengakomodir hasil musrenbang. Mohon ini jadi perhatian," pesan Wawan. (ul)