Dibuka Walikota Payakumbuh, Penjaringan Gerakan 2000 Hafidz Sumbar diawali di Luak Limopuluah

Walikota Payakumbuh buka Penjaringan Gerakan 2000 Hafidz
di Mesjid Istiqamah (fhoto : Ul Fakhri)
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh--Sekitar 1000 lebih siswa hafidz tingkat SD, SMP dan SMA sederajat dari Kota Payakumbuh dan Kab. 50 Kota (Luak Limopuluah) mengikuti penjaringan Gerakan 2000 hafidz Sumbar tahun 2018 yang diinisiasi Duta Al Qur'an. Sungguh luar biasa tingginya animo masyarakat Kota Payakumbuh dan Kab. 50 Kota mengikuti seleksi program Gerakan 2000 hafizh Qur'an Sumatera Barat, pada Selasa 13 Maret 2018 di Masjid Istiqomah Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Kegiatan ini dibuka secara resmi Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra, Ul Fakhri dan juga dihadiri Kasubbag Kebudayaan dan keagamaan Kesra Kab. 50 Kota, Humas kankemenag Kota Payakumbuh dan puluhan majlis guru dan guru hafidz. 

Sebagaimana yang dilaporkan ketua panitia Duta Quran Indonesia Gerakan 2000 hafidz wilayah Luak Limopuluah Rudi Nofriardi Al Hafidz bahwa saat ini pemprov Sumbar bersama bersama beberapa sponsor siap membantu dan memfasilitasi gerakan mulia ini.

" Dalam rangka mewujudkan 2000 hafidz Sumbar 2018, kita akan awali dengan penjaringan, dan penjaringan untuk tahun 2018 ini kita awali di Luak Limouluah. Para hafidz dari 2 daerah kita kumpylkan disini dan siap untuk berkompetisi, minimal hafidz lancar 2 juzz. nantinya kita akan tampung para hafidz yang akan berlaga juga di tingkat provinsi. Kita telah hadirkan juri dari Duta Quran Indonesia, para hafidz yang mendapatkan nilai diatas 90, otomatis menjadi salah satu nomnasi. Untuk itu kami sarankan supaya saat mendaftar para hafidz mendaftarkan berapa hafidz lancar yang mereka bisa, bukan asal daftar saja, karena akan di tes secara ketat. Selain tampil sebagai nominasi, pemenang juga akan mendapatkan reward berharga dari sponsor termasuk dibantu proses pebgurusan rekening. Selanjutnya biaya pendidikan pemenang juga akan dibantu secara periodik oleh sponsor," terang Rudi.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Kabag Kesra, Ul Fakhri sampaikan salam maaf dari Walikota dan menyambut baik digelarnya kegiatan ini di 19 kota / kab di Sumbar.

" Salam maaf dari Walikota karena sedang rapat dinas di Batusangkar. Gerakan 2000 hafidz Sumbar sangat membangun generasi Qurani dan membumikan ekonomi rabbany. Nantinya kita berharap para hafidz lebih banyak lagi, dan ini merupakan bentuk sebuah kebangkitan generasi islam bermutu. Dukungan kita semua sangat berarti bagi mereka para penghafal Al Qur'an. Terima kasih kepada Duta Qur'an Idonesia, semoga jadi cemeti bagi penghafal untuk melakukan peningkatan hafalan. Selamat bagi ortunya yang telah mendidik para hafidz dan mari jadilah bagian terbaik sebagai penambah pundi amal bagi kita," sambut Ul Fakhri.

Tanggapan yang sama juga disampaikan Kasubbag Kebudayaan dan Keagamaan bagian Kesra kab 50 Kota Muhardi.
" Kita menyambut baik kegiatan ini, sangat baik untuk kemanjuan pembangunan keagamaan khususnya di Pemkab 50 kota. Dengan wadah ini akan tampak dan akan berkumpul para hafidz kita. Namun kami harapkan kedepannya ada koordinasi yang baik dari panitia termasuk adanya perubahan jadwal dan tempat," sebutnya.

Masukan positif juga disampaikan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh melalui Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Safrizal.
" Kita sangat bangga Duta Quran Indonesia menggelar penjaringan para hafidz Luak Limopuluah.Sebagai masukkan dari kita, sebaiknya kita dari kementerian agama ikut dilibatkan, karena ini adalah kegiatan berkaitan dengan kegamaan. Sayang rasanya kita tidak dilibatkan. Informasi yang kita dapat dari Humas, siswa madrasah kita ikut andil sebagai peserta, Alhamdulillah," Safrizal curahkan rasa.

Ungkapan senada juga disampaikan Pengurus LPTQ Kota Payakumbuh, Muhammad Ridha. " Kita sangat sayangkan, semestinya kita dilibatkan dalam kegiatan ini. Tapi tidak apalah, kita berharap kegiatan ini sukses dari awal sampai akhir," ungkapnya di media sosial.

Selain Pemprov Sumbar, tampak beberapa perusahaan besar tampil sebagai sponsor dan motivator suksesnya Gerakan 2000 hafidz sebagaimana tercantum di spanduk yang terbentang di dalam dan luar mesjid, seperti Bank Nagari, Transmart, yayasan Al Azhar, ZIS Indosat dan lainnya.ul