Bencana, Tim Reaksi Cepat Gerak Bersama

Tim Reaksi Cepat Gelar Koordinasi
(foto by Jentra)
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh)

Pemerintahan Daerah Kota Payakumbuh membentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB), Keberadaan tim tersebut untuk mempercepat penanganan bencana yang terjadi di lapangan dengan melibatkan sejumlah OPD terkait di jajaran Pemerintahan Kota Payakumbuh.
Pembentukan TRC ini nantinya akan di terbitkan Surat Keputusan (SK) Walikota Payakumbuh,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh, Yufnani Away, Selasa (13/03/2018). Hal ini disampaikannya pada rapat pembentukan TRC-PB, di Kantor BPBD Kota Payakumbuh di Balaikota ex Lapangan Poliko.
Kepala BPBD Yufnani Away mengatakan, tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kota Payakumbuh, perlunya membentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana,
“ketika terjadi bencana maka semua lembaga atau instasi yang terkait harus sama-sama ke lapangan untuk menanggulanginya, Tim Reaksi Cepat ini melibatkan sejumlah Dinas/Instansi atau lembaga teknis terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan OPD lainnya,” kata Yufnani Away yang akrab dipanggil Aci.
Kepala BPBD menambahkan, TSR ini ditargetkan mampu meningkatkan kesiapsiagaan Aparat Pemerintah dalam penangulangan bencana.
“penanggungalan bencana bukan hanya menjadi tanggungjawab BPBD. Melainkan semua pihak termasuk Dinkes, Dishub, Satpol PP dan Dinas terkait lainnya yang dimasukkan ke TRC-PB, terang Yufnani.(rel/ul)